Menjaga suasana hati agar tetap tenang dan tanpa ada kegelisahan memang bukan hal yang sangat mudah, bad mood seringkali disebabkan oleh berbagai faktor seperti problematika kehidupan, kurang terjaganya kesehatan tubuh, bahkan akibat tidak terkontrolnya emosi.

Agar kamu tetap semangat dalam menjalani aktivitasmu sehari-hari, obat mujarab saat merasa bad mood adalah dengan menyantap makanan tertentu yang tergolong sebagai comfort food. Seperti namanya, comfort food bisa membuat kamu merasa lebih nyaman karena adanya kaitan emosional, meskipun kadang makanan atau minuman tersebut justru tinggi karbohidrat dan gula.

Sejak dulu ahli nutrisi sudah menemukan bahwa cara kerja otak ternyata memengaruhi suasana hati seseorang. Sementara cara kerja otak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Jika saat ini kamu merasa kurang semangat, gelisah, tidak tenang dan malas melakukan apapun coba konsumsilah makanan dan minuman berikut dan rasakan manfaatnya dalam tubuhmu.

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat
Mengatur kadar glukosa sangat penting karena berkaitan dengan kelancaran oksigen ke otak. Jika suplai glukosa ini menurun, maka tubuh akan mudah lemas dan konsentrasi akan terganggu. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi makanan berkarbohidrat agar kamu bisa menjaga cadangan gula darah dalam tubuh. Kamu juga bisa memasukan karbohidrat ke dalam menu makanan sehari-hari agar tetap bersemangat. Selain nasi yang biasa kamu makan setiap hari, kamu juga bisa memilih kentang, sereal, roti gandum, serta beras merah sebagai alternatif.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik
Makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh ganda, omega-3, DHA, dan EPA seperti salmon dan tuna dipercaya bisa menurunkan risiko depresi dan bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam juga mengandung zat omega-3. Konsumsilah diantara makanan yang mengandung lemak baik tersebut minimal dua kali dalam seminggu.

3. Makanan yang Mengandung Vitamin B12
Agar tidak terjadi gangguan emosi dan tubuh gampang lemas, kamu bisa mengonsumsi vitamin B12 (cyancobalamin). Vitamin ini berguna untuk pembentukan sel darah merah serta mampu memelihara sistem saraf. Kandungan B12 terdapat pada makanan seperti telur, daging tak berlemak, serta produk susu rendah lemak.

4. Makanan yang Mengandung selenium
Selenium (Se) dibutuhkan sebagai antioksidan yang meredam radikal bebas serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh serta dapat memperbaiki mood. Sumber selenium dapat ditemukan pada makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Misalnya pada ikan tawar atau laut, kerang-kerangan, daging ternak, telur, dan ayam. Selain itu kita juga menyerap selenium dari bawang putih, tomat, atau makanan fermentasi seperti tempe, tahu, yoghurt, dan ragi.

5. Makanan Serba Manis
Terbukti makanan yang serba manis seperti cokelat dapat meningkatkan mood, hal ini gak bisa kamu bantah lagi. Cokelat mengandung antioksidan, flavonois dan fenoli phytochemical yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. cokelat membantu melepaskan hormon endorfin sehingga kita lebih merasa happy dan bersemangat. Makanan manis, seperti cokelat, es krim atau permen, memang ampuh buat melawan hormon penyebab stres, tapi nggak dianjurkan memakannya dalam jumlah yang terlalu banyak untuk menghindari risiko diabetes.

6. Minuman yang Mengandung Kafein
Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health tahun 2011 menyatakan, resiko depresi turun sebanyak 20 persen pada wanita yang meminum empat gelas kopi atau lebih dalam sehari. Penelitian lain menyebutkan bahwa empat gelas kopi atau lebih dalam sehari bisa menurunkan niat bunuh diri hingga 50 persen.

Agar tidak bad mood dalam aktivitas sehari-hari, kamu bisa memulainya dengan minum kopi, kandungan kafein juga bisa kamu dapatkan pada teh. Kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau seperti Tong Tji Green Tea setiap hari yang juga dapat membantu kadar glukosa dalam darah. Selain itu konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kewaspadaan serta mengelola keinginan mengkonsumsi makanan manis, setelah makan siang.

Selain teh hijau, kamu juga bisa mengonsumsi teh rasa buah seperti Tong Tji Celup Mix Frussion yang merupakan minuman teh rasa buah (teh lemon, teh peach, dan teh strawberry) sebagai pengganti teh biasa yang terdapat kandungan rasa buah yang juga bermanfaat untuk meningkatkan mood dan juga kinerja otak.

Lalu apa saja bagaimana cara penyajian teh poci yang benar seperti yang dicontohkan oleh pabrikannya langsung? Berikut ulasan selengkapnya membuat teh poci ala Moci Tegal. Semoga bermanfaat ya.

Facebook Comments

Artikulli paraprakKegunaan Drone DJI Murah dan Spesifikasinya
Artikulli tjetërUnboxing dan Preview ASUS ROG G501VW Laptop Gaming Paling Tipis & Ringkas
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.