Kulkas atau lemari es merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang tak terlepaskan dari kehidupan modern, baik masyarakat perkotaan maupun mereka yang tinggal di desa. Boleh dibilang, siapa sih yang ga pakai kulkas hari gini?

Walaupun sudah jamak dimiliki semua rumah tangga, namun ternyata banyak dari kita yang masih belum tahu cara memilih kulkas yang tepat dengan kebutuhan. Paling-paling orang membeli kulkas hanya dengan pertimbangan asal kulkasnya dingin dan sesuai dengan kantong saja.

Padahal banyak faktor yang harus kita perhatikan dalam “meminang” kulkas, mengingat alat elektronik rumah tangga ini bakal kita gunakan dalam jangka waktu yang lumayan panjang. Apa saja faktor-faktor tersebut? Yuk simak tips kita di bawah ini.

1. Ukuran. Sesuaikan dimensi lemari es yang akan dibeli dengan ruangan tempat meletakkan kulkas tersebut.
2. Pilih lemari es sesuai kebutuhan, jika Anda suka berbelanja mingguan maka pilih lemari es yang memiliki freezer berukuran besar untuk menyimpan daging atau ikan.
3. Perhatikan kemampuan pendinginan yang biasanya ditandai dengan bintang. Kulkas Indonesia memiliki 3 bintang yang mampu mendinginkan hingga -180 derajat Celcius, sedangkan kulkas Eropa memiliki 5 bintang yang mampu mendingingkan hingga -210 derajat Celcius.
4. Pilih kulkas yang memiliki kompartemen buah dan sayur khusus untuk menjaga kesegarannya.
5. Perhatikan fitur penting lemari es seperti: antifrost, quick cool, water filtration, dispenser air, tempat obat, rak antipecah, dll.
6. Pilih kapasitas penyimpanan yang sesuai. Untuk keluarga kecil kapasitas yang direkomendasikan antara 18-22 kubik, sedangkan keluarga besar bisa memilih kapasitas 25-28 kubik.
7. Pertimbangkan material kulkas, bahan PCM (Pre Coated Material) lebih tahan karat, antigores, dan lebih mengkilap.
8. Pilih warna kulkas, bisa disesuaikan dengan selera atau warna interior/ruangan tempat menyimpan kulkas.

Selain faktor di atas, pastikan juga tempat Anda membeli lemari es. Salah satu yang recommended adalah Electronic Solution yang kini memiliki toko online di www.es.id.

Kenapa harus berbelanja lemari es di ES.id? Well, di ES.id Anda bisa menemukan beberapa promo menarik mulai dari flash sale, weekly deals, hingga promo bundling. Selain itu, metode pembayaran yang ditawarkan sangat beragam dengan 20 pilihan partner. Tak hanya itu, produk yang ditawarkan bergaransi dan setiap pembelian online bisa diantar kurir atau diambil sendiri (store pickup). Dan yang tak kalah menarik, delivery ES.id sudah termasuk dengan instalasi produk tersebut. Menarik bukan, yuk berbelanja lemari es dan kebutuhan elektronik rumah tangga Anda di ES.id.

Facebook Comments