Bila sobat mengikuti perkembangan berita saat ini,tentu sering mendegar tentang situs Wikileaks kan?? Nah apa dan siapa di balik wikileaks?? Silakan baca artikelnya sob.. Dihimpun dari beberapa sumber..

Wikileaks adalah sebuah organisasi Swedia yang mempublikasikan berbagai
dokumen sensitif dari pemerintah dan organisasi lain, yang sumbernya anonim. Wikileaks saat ini berkembang menjadi
sangat besar dan databasenya mencapai 1,2 juta dokumen. Selain itu, Wikileaks juga sudah memenangkan berbagai penghargaan new media, antara lain dari majalah Economist di tahun 2008 dan
dari Amnesty International Media Award 2009.

Di bulan Mei 2010 Wikileaks berada di nomor 1 situs web inovatif yang dapat
mengubah berita.
Yang membuat Wikileaks menjadi signifikan dalam “mengubah”
berita adalah prinsip kebebasan informasi yang dijunjung tinggi.
Wikileaks menerima kiriman dokumen sensitif dari berbagai pihak yang biasanya tidak dapat dipublikasikan, melakukan verifikasi kebenarannya, lantas menerbitkannya di situs Wikileaks.
Anonimitas narasumber dijaga dengan sangat baik, dan keamanan situsnya pun sangat baik.

Keterbukaan dan kebebasan informasi inilah yang menjadikan Wikileaks penting. Dokumen yang diterbitkannya seringkali adalah dokumen yang menguak berbagai kasus di banyak negara, yang terkadang bertentangan dengan apa yang diberitakan oleh media.
Hal ini tentunya sangat menarik bagi para pelaku media, dan masyarakat umum.

Dialah Julian Assange.Lelaki 39 tahun pendiiri WikiLeaks.
Assange lahir di Australia pada 3 Juli 1971. Dia dulunya adalah seorang penerbit, dan aktivis internet. Sebelum mendirikan WikiLeaks pada tahun 2006, Assange juga dikenal sebagai seorang hacker (peretas) terkenal, mahasiswa matematika, dan fisika serta
seorang programer komputer.

Lelaki berambut pirang ini semasa kecilnya jarang mendapat pendidikan formal. Sejak kecil dia hidup berpindah-pindah. Ayah tirinya begitu kejam, sehingga Assange dan ibunya harus kabur.
Dia hidup berpindah selama 37 kali sebelum dia berusia 14 tahun.
Dia kerap berpindah sekolah, bahkan tak jarang terpaksa sekolah di rumah.

Kemudian ketika remaja dia mulai mengikuti perkuliahan di berbagai perguruan tinggi di Australia.
Pada tahun 1987, ketika usianya baru menginjak 16 tahun, Assange menjadi seorang hacker. Nama sandinya Mendax. Bersama dua
hacker lainnya, dia mulai membuat kelompok, bernama International Subversives. Mereka bukan hacker perusak program,
namun mencuri informasi dan membaginya kepada umum.
Dia dan kelompoknya tercatat punya akses ke satu universitas di Australia. Juga ke Nortel, sebuah perusahaan telekomunikasi
Kanada, serta organisasi-organisasi lainnya. Pada tahun 1991
Assange ditangkap. Setahun kemudian dia dinyatakan bersalah dengan 24 dakwaan terkait aktivitas hacker. Dia bebas tahun itu juga, dengan membayar uang jaminan AU$2100.

Pada 2006, Assange bersama sembilan orang lainnya, mendirikian WikiLeaks. Tapi hanya Assange yang dikenal, karena dia tampil sebagai juru bicara vokal. Tujuan awal WikiLeaks adalah memberikan balasan kepada perusahaan yang bertindak tidak etis,
dan membantu memberantas korupsi di lembaga publik.
Di Websitenya, WikiLeaks menuliskan organisasi itu punya tujuan mulia: menciptakan keterbukaan. “Transparansi menciptakan kehidupan lebih baik bagi semua masyarakat. Pengawasan yang baik akan mengurangi korupsi dan memperkuat demokrasi di semua institusi sosial, termasuk pemerintahan, perusahaan dan organisasi lainnya, ” tulis WikiLeaks di situsnya.

Assange dan anggota WikiLeaks lainnya adalah relawan. Mereka tidak dibayar, dan semua pembiayaan diperoleh dari donasi para pengunjung situs nyentrik itu. Assange mengatakan WikiLeaks membocorkan dokumen rahasia lebih banyak daripada semua media di dunia, bahkan bila temuan mereka digabung jadi satu paket.

Nah itulah sekilas tentang wikileaks yang akhir-akhir ini mengguncang dunia…

Facebook Comments

Artikulli paraprakterjebak
Artikulli tjetërjelaga
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.