thermostat mobil
thermostat mobil

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan adalah overheating. Mesin terlalu panas, dan membuat kendaraan tidak berjalan maksimal. Tidak jarang jika dipaksakan akan timbul asap dan cukup mengkhawatirkan jika terus dilanjutkan. Salah satu tanda pertama dari mesin mobil overheating biasanya terlihat dari pengukur suhu yang terus meningkat hingga melewati ambang normal.

Dan jika sudah makin parah kita akan melihat asap datang dari kap!, dan juga mencium bau oli atau bahan bakar yang terbakar. Lalu sebenarnya apasih penyebab dari overheating ini?. Yuk mari disimak 6 penyebab kendaraan overheat yang harus diketahui oleh para pemilik kendaraan.

Oli Mobil

Oli mobil selain melindungi mesin dari keausan juga berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Lakukan pengecekan oli mobil secara berkala dan pastikan kondisinya selalu dalam keadaan terbaik. Tidak mengental, kotor, dan jika berkurang segera periksa apakah ada kemungkinan kebocoran dan segera tambah kembali agar volumenya tepat. Pilihlah Oli Mobil terbaik seperti Pertamina fastron agar mesin selalu kondisi terbaik dan tidak overheat.

Masalah Radiator

radiator mobil
radiator mobil

Hal pertama yang harus diperiksa adalah “radiator” karena inilah sistem pendingin utama yang ada pada kendaraan. Penyebab radiator tidak bisa mendinginkan mesin adalah kipas radiator yang buruk. Kipas ini meniupkan udara ke atas sirip radiator untuk membantu mengontrol suhu air pendingin. Jika kipas tersebut longgar, lepas, memiliki selubung yang rusak, atau tidak bisa berputar bebas, maka ia tidak dapat melakukan tugas yang dimaksudkan dan menyebabkan suhu mesin naik dan terlalu panas. Tetapi jika kipas tidak bermasalah, bisa saja radiatornya rusak. Kebocoran, penyumbatan, dan saluran yang terputus dapat menyebabkan radiator tidak berfungsi, dan kemudian menyebabkan mesin mobil terlalu panas.

Masalah Sistem Pendinginan

Saluran sistem pendingin kendaraan dapat terhalang atau tersumbat oleh karat, kotoran, atau sedimen. Ini menghambat sistem pendingin dan tidak dapat melakukan tugasnya, sehingga menyebabkan mesin terlalu panas. Inilah sebabnya mengapa air radiator keruh, memerah karena karat dan jika sudah demikian pemeriksaan harus cepat dilakukan.

Penyebab lain dari mesin mobil overheating dalam hal sistem pendingin kendaraan adalah kebocoran. Kebocoran pada sistem pendingin sering menjadi penyebab mesin mobil kepanasan. Dan jika kebocoran ini masuk ke ruang mesin, akan sangat berbahaya segera lakukan pemeriksaan menyeluruh.

Masalah Thermostat

Thermostat yang buruk adalah alasan umum lainnya untuk mesin mobil overheat. Ini adalah katup peka panas yang terbuka dan mati sesuai dengan suhu engine. Jika terjadi kesalahan dan termostat macet dalam posisi tertutup, suhu mesin mobil akan melonjak.

Masalah Pompa Air

Pompa air ini dikenal dengan sebutan “jantung” kendaraan karena memompa cairan pendingin seperti jantung memompa darah. Tetapi pompa air kendaraan menekan dan mendorong cairan pendingin melalui sistem pendingin, sehingga pompa ini memainkan peran utama dalam mengontrol suhu mobil. Jika terjadi kesalahan, cairan pendingin tidak dapat masuk ke engine, dan engine menjadi terlalu panas.

Masalah Sabuk dan Selang

Sabuk yang rusak dan longgar, serta, selang yang aus atau pecah, adalah penyebab umum mesin mobil kepanasan. Jika mereka berhenti bekerja, begitu juga sistem pendingin. Selang yang rusak berarti kebocoran, yang berarti kurangnya cairan pendingin. Ini juga menyebabkan mobil menjadi terlalu panas.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSmart TV Coocaa UB7500 dan TB7000, Pilihan Terbaik Nonton Seru di Rumah
Artikel berikutnyaRekomendasi Tempat Makan di Surabaya yang Murah Meriah
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.