Perbankan Syariah sebagai salah satu sistem dari perbankan yang berdasarkan pada agama. Dari adanya perbankan syariah ini tentunya untuk para umat muslim tidak perlu takut lagi dengan kehalalan hartanya yang dia simpan ada di Bank. Ini karena di bank syariah ada tabungan tanpa ada sistem dengan bunga yang menurut agama Islam riba.

Perbankan syariah tentunya sangat berbeda dengan bank konvensional maka Anda bisa melihat karakteristiknya. Ada beberapa ciri diantaranya yaitu:

  1. dari segi keuntungan, contohnya yaitu pada kredit Murabahah dan pada Bai’u Bithaman Ajil serta dengan beban biaya contohnya yaitu pada pinjaman Al-Qardhul Hassan yang telah disepakati dengan tidak kaku dan kemudian ditentukan berdasarkan dari kekayaan tanggungan resiko serta korbanan dari masing–masing.
  2. Untuk beban biaya tersebut tentu saja hanya akan dikenakan sampai pada batas waktu kontrak. Untuk sisa hutan selepas kontrak akan dilakukan dengan membuat kontrak yang baru.
  3. Kemudian untuk penggunaan persentase dalam perhitungan keuntungan serta biaya administrasi akan selalu dihindarkan, karena untuk persentasenya akan mengandung potensi melipat gandakan.
  4. Kemudian ada pada Bank Islam tentunya tidaklah mengenal yang namanya keuntungan pasti akan tetapi hal tersebut ditentukan dengan kepastian sesudah memperoleh untung, bukan dari sebelumnya.

Selain beberapa hal diatas mengenai karakteristik juga bisa Anda lihat perbankan syariah ini dari segi fungsinya juga memiliki karakter sebagai berikut:

  • Ini sebagai pelengkap dari Bank yang sudah ada, dan kemudian juga menyediakan alternatif mengenai cara kerja perbankan yang tentunya sangat memuaskan bagi  pemakainya.
  • Perbankan syariah juga sebagai suatu sarana berguna dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam pembangunan nasional serta berguna untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi.
  • Untuk menciptakan lapangan kerja yang baru
  • Sebagai sarana yang digunaakan untuk meningkatkan pendapatan dari masyarakat.

Nah itulah karakteristik perbankan syariah yang tentunya bisa kita lihat dari ciri-ciri dan fungsinya pastinya bank syariah ini sangat memberikan kemudahan bagi kita menyediakan beragam tabungan seperti tabungan rencana pilihan banyak orang.

Facebook Comments