perusahaan logistik
perusahaan logistik

Siapa yang tidak mengenal belanja online di era serba digital seperti sekarang ini?. Rasanya hampir semua orang tahu dan bahkan sudah mencoba kemudahannya, terlebih bagi para milenial. Berbelanja online dianggap lebih efisien dan bisa dilakukan dimanapun tanpa harus keluar rumah.

Semakin diminatinya gaya hidup ini, tidak lepas dari dukungan dari keberadaan jasa logistik untuk mengantarkan pesanan barang tersebut kepada para pelanggan. Situs e-commerce dan online shop tidak perlu dipusingkan dengan penanganan kiriman order dan fokus saja pada penjualan.

Apa yang dimaksud dengan Logistik?.

Logistik sendiri merupakan istilah yang menggambarkan pemindahan barang. Proses logistik ini sangat penting bagi kelancaran perdagangan, pemerataan akses, hingga proses distribusi.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki tantangan yang sangat tinggi dalam sektor logistik. Dalam hal ini, penyedia barang yang tersentralisasi di bagian barat mau tidak mau memicu perbedaan harga yang sangat signifikan dengan bagian timur negara ini. Dan dengan logistik yang baik dan efisien, perbedaan ini akan bisa ditekan.

Indonesia sangat perlu untuk memberikan perhatian penuh dan mengembangkan strategi yang tepat di bidang logistik agar bisa meningkatkan daya saing. Ongkos logistik yang efisien akan memicu biaya ekonomi yang juga efisien dan menjadikan produk-produk Indonesia memiliki daya saing yang tinggi. Dengan demikian produk-produk kita tetap menjadi pilihan konsumen dalam negeri dan mampu menarik minat konsumen di luar negeri.

Ketersedian barang harus didukung oleh manajemen rantai pasok dan logistik yang mumpuni agar produk-produk dapat menjangkau konsumen dengan cepat. Dari segi biaya, hal ini juga akan membuat harga semakin terjangkau pada konsumen akhir.

Bagaimana Logistik Indonesia seharusnya?

Agar kinerja logistik Indonesia semakin baik setidaknya ada beberapa inisiatif strategis yang perlu diterapkan:

  • Dukungan Transportasi antar moda yang selaras dan terintegrasi. Harus ada sinergitas antara moda transportasi jalan raya, rel kereta api, udara, dan pelabuhan untuk memudahkan alur pengiriman secara efisien.
  • Penerapan teknologi digital dalam urusan dokumen, komunikasi dan informasi. Dengan menerapkan digitalisasi dalam perencanaan dan pengendalian maka transportasi logistik dapat bergerak lebih cepat dan dinamis.
  • Perusahaan transportasi, ekspedisi, dan perusahaan Third party logistic (3PL) bersinergi dan meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan dengan maksimal.

Beberapa tahun terakhir ini Pemerintah terus berupaya membangun dan menyediakan infrastruktur yang baik agar menjadi backbone operasi logistik yang efisien dan dapat diandalkan.

SERA logistic

Perusahaan Logistik terbaik PT Serasi Autoraya (SERA) dibawah brand SELOG (Sera Logistik) menyediakan layanan logistik yang andal. Anak usaha ASTRA ini sebelumnya telah berpengalaman dalam usaha yang bergerak dalam bidang penyewaan kendaraan Trac dan jual-beli mobil bekas. SELOG, hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan jasa logistik end to end dengan berbagai layanan yang bisa dipilih.

1.Kontrak Logistik
Ini adalah layanan yang bisa dipilih bagi pelanggan yang ingin fokus kepada bisnis inti dan menyerahkan sepenuhnya urusan kebutuhan logistik. Selog menyediakan layanan logistik yang dapat diandalkan karena terintegrasi dari mulai perencanaan, pengerjaan, hingga proses monitoring secara ketat.

2.Servis Pengiriman Laut.
Sebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia mau tidak mau memerlukan transportasi berbasis laut. Untuk itu Selog menawarkan jasa pengiriman dan distribusi melalui moda transportasi laut berkualitas. Fokus utama Selog adalah pengiriman kargo baik itu industri alat berat, otomotif, maupun komoditas.

3.Agen Pengiriman.
Selog juga membuka kemitraan gen pengiriman dengan perusahaan shipping terbesar di Asia yakni Jardine Shipping Service.

4.Managemen Pergudangan
Selog menawarkan Warehouse Managemet System yang akan membantu pengelolaan pergerakan barang dari dan ke dalam gudang. Dengan demikian dapat menekan proses lead time secara otomatis. Pelacakan stok lebih cepat dan akurat secara real time, mengatur lokasi penyimpanan barang secara efisien, serta alur distibusi barang yang tertata.

5.Jasa Kurir
Selain beberapa layanan diatas, Selog juga menawarkan Jasa kurir ekspres yang siap mengirimkan paket dengan aman dan tepat waktu. Layanan kurir ini terbagi menjadi dua, yakni layanan standar dan layanan solusi.

Layanan standar bisa dipilih beberapa type layanan sesuai dengan kebutuhan yakni same day service, next day service, dan regular service. Sementara layanan solusi, merupakan layanan pengiriman bagi barang yang membutuhkan layanan khusus.

Kesimpulan.

Dengan kemampuan logistik yang dapat diandalkan, maka daya saing negara kita semakin meningkat. Alur ekonomi menjadi lebih efisien dan dapat memeratakan pembangunan ke setiap pelosok negeri ini. Tidak ada lagi kesenjangan harga jika Logistik memiliki fundamental yang kuat.

Facebook Comments