paypal limit

Beberapa waktu yang lalu saya cukup direpotkan dengan kasus Paypal yang tiba-tiba terkena limit. Di email tertulis jika rekening saya tersebut transaksinya telah mencapai batas tertentu dan dibutuhkan verifikasi data pribadi untuk menormalkannya kembali. Oh ya, bagi yang belum mengetahui apa itu “limit”, adalah kondisi dimana kita tidak bisa melakukan pembayaran atau transaksi apapun, tetapi rekening masih tetap normal dan bisa di akses.

Pihak PayPal, meminta kita mengonfirmasi identitas. Prosedur ini sama seperti persyaratan yang harus dipenuhi bila membuka rekening bank atau mengajukan aplikasi rekening kartu kredit, dan disebut juga sebagai “Know Your Customer” atau KYC.

Untuk mengatasinya kita bisa memberikan beberapa dokumentasi dan memperbarui profil rekening PayPal dengan alamat sekarang.
Atau, kunjungi Pusat Penyelesaian untuk mengetahui lebih lanjut.

Dokumen apa saja yang bisa digunakan untuk proses verifikasi ini ?.

Pertamakali paypal hanya meminta foto KTP dan itu saya kirimkan, namun ternyata kemudian paypal meminta dokumen lainnya. Paypal menegaskan bahwa dokumen yang diberikan harus dapat membuktikan alamat yang terdaftar di akun PayPal. Dokumen tersebut bisa berupa faktur utilitas, gas, listrik, air, telepon, rekening koran bank atau kartu kredit sebagai bukti alamat yang valid.

Harap ingat bahwa bukti alamat hanya akan diterima jika:

  • Nama dan alamat sama persis dengan detail pada akun PayPal Anda
  • Dokumen tidak lebih dari 6 bulan dan memiliki tanggal yang terlihat untuk mengkonfirmasi ini.

Nah masalahnya, faktur tagihan gas, listrik dan air ini biasanya dibayar secara online di e-comerce dan ternyata tidak cukup menerangkan alamat kita sehingga akan ditolak. Namun berbeda dengan e-statement dari tagihan Indihome, data yang tersaji disnaa cukup lengkap. Untuk meminta e-statement ini kita bisa menghubungi customer care indihome di twitter dan tidak butuh waku lama akan segera dikirimkan ke email yang terdaftar. Ketika itu, staff paypal mengatakan bahwa e-statement ini cukup bisa dipertimbangkan sebagai data pelengkap karena mencantumkan alamat dan data diri dengan cukup jelas.

Saya dalam kasus ini pernah menelpon paypal singapura untuk memperoleh informasi yang jelas. Beruntung kini staff disana sudah banyak dilayani oleh staff berbahasa indonesia sehingga tidak ada kesulitan komunikasi. Staff yang ditelfon menjelaskan bahwa dokumen yang valid dan diterima biasanya adalah rekening koran yang dikeluarkan oleh bank. Nah untuk itu, mau tidak mau saya harus mencetak rekening koran di BRI untuk rentang waktu satu bulan terakhir. Biaya pencetakannya sendiri 5000 rupiah.

Setelah itu saya upload di akun paypal, dan benar saja selang satu hari akun saya sudah dipulihkan dan bisa digunakan untuk membayar tagihan hosting yang sudah hampir jatuh tempo. Nah itulah beberapa pengalaman saya dalam menghadapi limitasi akun paypal, jika teman-teman menghadapi masalah yang sama dan membutuhkan saran bisa tinggalkan komentar dibawah ya.

Facebook Comments