nama bayi laki laki

Ketika menantikan kehadiran si kecil, ayah dan ibu pastinya sibuk menggali nama yang sangat bagus untuknya. “Memilih nama bayi serasa lebih sulit dikomparasikan mempersiapkan hal-hal lain,” begitu ujar seorang ibu yang sedang menantikan kelahiran putranya. “Karena nama bakal terus melekat pada diri anak, pasti kita hendak memberikan yang terbaik untuknya”. Pada prinsipnya terdapat 3 etape utama dalam menentukan nama bayi laki laki, yakni tahap eksplorasi, tahap penyusutan ide, dan etape menilai nama bayi. Ketiga langkah ini tidak jarang kali saya dan anda lakukan bolak balik. Jadi saat kita sudah nyaris menilai nama bayi, ternyata anda dapat gagasan baru lagi dan terus anda eksplorasi lagi.

Kali ini, kami hendak berbagi tips yang dapat menolong kita dalam mencari nama bayi :

1. Catatlah semua gagasan yang hadir di benak kita.
Apapun yang terpikirkan, tulislah di suatu kertas. Bila di lantas hari muncul gagasan lain, lanjutkan daftar tersebut, sampai-sampai kita memiliki susunan ide atau pilihan nama.

  • Apakah hendak menyerupai nama figur terkenal? Misalnya nama selebritis, pemimpin negara, ilmuwan, dan sebagainya.
  • Apakah hendak menggunakan nama religius? Coba juga tulisan ini : Nama-nama Bayi Muslim Yang Unik
  • Apakah hendak menggunakan nama benda, contohnya Daisy, Dahlia, Aurora, Claudia (awan)?
  • Apakah hendak suatu nama yang mempunyai makna tertentu? Misalnya “Nur” dalam bahasa Arab berarti cahaya, sementara “Brian” dalam bahasa Irlandia berarti gunung dan kekuatan.
  • Atau apakah mengharapkan nama yang benar-benar menarik dan tidak sehubungan dengan apapun? Salah satu caranya ialah membuat singkatan dari nama ayah dan ibu.

Masih ingat nama anak Melly Goeslaw, yakni Ale? Ternyata, Ale ialah singkatan dari “Anakku Lelaki”. Unik bukan? Ingin dikaitkan dengan bulan kelahiran? Misalnya Agustin, Oktavia, Januar. Seorang dokter menamakan anaknya serupa dengan nama latin guna bagian-bagian dari tulang belakang, pastinya unik pun dan bermakna untuknya.

2. Manfaatkan internet
Beruntunglah kita sebab jaman kini sudah terdapat internet. Kita dapat menambah ide-ide nama yang sudah diciptakan melalui pertanyaan-pertanyaan di atas dengan teknik browsing sebanyak-banyaknya.

3. Mengganti beberapa huruf
Kita bisa mengganti beberapa huruf dari contoh-contoh nama yang telah ada guna mendapatkan nama baru yang unik.

4. Jangan terlampau panjang
Nama yang terdiri dari 4 kata telah kepanjangan. Sebaiknya 2 atau 3 kata saja telah cukup. Kata yang terakhir ialah nama keluarga, sampai-sampai yang ditelusuri hanyalah kata kesatu dan kedua saja.

5. Pikirkan nama panggilan
Bila nama depan terdiri dari lebih dari 2 suku kata, pikirkan nama panggilan untuknya.

6. Jangan memilih nama yang sulit dikenang dan dilafalkan
Seorang psikolog mempunyai nama Adam Alter dari New York University mengungkapkan bahwa anda lebih menyenangi nama yang lebih mudah dicerna oleh benak kita. Penelitian beda oleh Alter di tahun 2005 mengejar bahwa perusahaan dengan nama yang lebih simpel dan logo tebal ingin mempunyai performa lebih baik di bursa saham. Hasil riset ini dapat anda kaitkan dengan nama anak dan masa depannya di sekolah dan di dunia kerja.

Facebook Comments