surabaya
presidentpost.id

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya saat ini menjadi kawasan favorit para investor properti untuk menanamkan modal investasi mereka. Kondisi ini pun akhirnya membuat geliat bisnis properti tumbuh subur.

Belakangan geliat properti di Kota Surabaya semakin terasa, hal ini dapat dilihat dari maraknya pembangunan rumah di Kota Pahlawan tersebut. Berdasarkan survei Lamudi.co.id, Surabaya menjadi kota ketiga favorit pencarian rumah di bawah Jakarta dan Bandung.

Ada banyak faktor yang membuat mengapa Surabaya banyak diincar pencari rumah, salah satunya karena kelengkapan fasilitas dan ketersediaan sarana infrastruktur. Contohnya seperti adanya pusat hiburan, pusat perbelanjaan, universitas hingga rumah sakit. Tidak hanya itu, banderolan rumah dijual di Surabaya yang relatif lebih murah juga menjadi tolak ukur mengapa kawasan ini begitu diminati.

Tidak hanya layak untuk dihuni, kota ini juga sangat cocok untuk investasi. Nah bagi Anda yang berencana untuk investasi di Surabaya, berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat mengapa kota ini sangat layak untuk dijadikan investasi properti.

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di Surabaya setiap tahunnya selalu menunjukkan tren yang positif, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Surabaya pertumbuhan ekonomi di Surabaya meningkat. Contohnya pada tahun 2009 persentase pertumbuhan perekonomian di sana mencapai 53% lalu pada tahun 2013 meningkat menjadi 7,34%. Kondisi ini lah yang membuat mengapa investasi di Surabaya dianggap menguntungkan.

kota surabaya
SkyscraperCity

Potensi Kenaikan harga Rumah

Pergerakan harga rumah di Surabaya juga selalu naik, setiap tahunnya harga jual selalu meningkat sekitar 13% – 20% per tahunnya. Rata-rata harga rumah dijual di Surabaya mencapai Rp 12.423.434 per meter persegi, daerah yang paling banyak di cari di Surabaya adalah Rungkut, Wiyung dan Citraland.

Sementara untuk harga apartemen rata-rata di sana mencapai Rp 14,166,667 per meter persegi. Daerah yang paling banyak diincar oleh pencari apartemen di Surabaya adalah Kertajaya, Citraland, Darmo Permai.

Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur saat ini sedang masif dilakukan, keberadaan infrastruktur ini ternyata dapat mendorong kenaikan harga rumah dijual di Surabaya. Salah satu infrastruktur yang sedang dibangun di Surabaya adalah Jalan Lingkar Barat Luar (JLBL), Jalan Lingkar Timur Luar (JLTL) dan Jalan Lingkar Dalam Timur (JLLDT) atau yang biasa dikenal dengan nama Middle East Ring Road (MERR) IIC.

Tidak hanya itu, Pemkot Surabaya juga saat ini tengah membangun transportasi massal baru melalui program Angkutan Massal Cepat (AMC) berupa trem dan monorel. Sehingga memudahkan aktivitas masyarakat di sana.

Banyak Berdiri Universitas

universitas surabaya
universitas surabaya

Tahukah Anda di sana selain terkenal sebagai tempat wisata, Surabaya juga banyak berdiri universitas, fakta ini sangat cocok untuk Anda para investor properti yang mengharapkan keuntungan dari sewa properti. Wilayah yang banyak berdiri universitas di sana adalah wilayah Surabaya Timur. Keberadaan pusat pendidikan ini tentunya dapat mendongkrak harga rumah dijual di Surabaya.

Kota yang Aman

Surabaya menjadi salah satu kota yang aman untuk ditinggali, karena angka kriminalitas di sana menurun setiap tahunnya. Berdasarkan data dari Polrestabes Surabaya, angka kriminalitas di Surabaya tahun 2017 menurun jika dibandingkan tahun 2016. Sepanjang tahun 2017 terjadi 3.543 kasus, sementara untuk tahun 2016 mencapai 3.543 kasus.

Facebook Comments