Saat ini Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone yang layak dibeli, alasannya karena harganya yang terjangkau namun tetap mampu memberikan spesifikasi yang terbaik di kelasnya. Dan untuk kisaran harga 1,7 jutaan ada Xiaomi Redmi Note 4X yang cukup banyak diminati oleh konsumen. Diperkenalkan pada februari 2017, redmi Note 4X langsung mendapat sambutan hangat dari pemerhati gadget. Sayangnya smartphone ini masuk ke Indonesia statusnya kebanyakan adalah sebagai barang “distri” yang artinya tidak masuk secara resmi. Walaupun begitu, penggunanya di tanah air tergolong sangat banyak, bahkan menjadi salah satu seri yang laris diantara seri xiaomi lainnya.

Berikut Review & spesifikasi xiaomi redmi note 4X bagi kamu yang penasaran tentang smartphone ini.

Dari sisi desain Redmi Note 4X terlihat sangat identik dengan smartphone Xiaomi kebanyakan, nyaris tidak ada perbedaan yang berarti. Sedikit pembeda hanya dari sisi penempatan speaker yang terletak di bagian bawah, setelah sebelumnya selalu diletakan di bagian belakang. Build qualitynya cukup kokoh dan rigid, bahan metal dipergunakan untuk backcovernya. Sehingga ketika digenggam, Redmi Note 4X terasa mantap.

Untuk urusan layar, Redmi note 4X dibekali dengan layar yang memiliki dimensi lumayan luas yakni 5.5 inci. Layar tersebut memakai tekhnologi IPS panel dengan resolusi FHD 1080×1920 piksel ~401 ppi pixel density. Layarnya tersebut mampu menampilkan kecerahan yang pas meski dipakai dibawah sinar matahari langsung. Layarnya tersebut juga sudah memakai desain 2.5D yang sedikit menyembul keluar, membuatnya semakin enak untuk digenggam. Namun yang perlu diperhatikan dari layarnya ini adalah lengkapi dengan anti gores jika ingin lebih awet supaya tidak scrath karena desainnya yang 2.5D tersebut.

Dari layar kita beralih ke urusan performa, Note 4x dibekali oleh prosesor snapdragon 650. Prosesor ini merupakan prosesor kelas menengah yang ada saat ini, dan untuk Note 4x tersedia pilihan RAM 3/4GB dan memeori internal 32/64GB. Spesifikasi seperti itu cukup untuk sekedar memenuhi kebutuhan saat ini, performanya masih bisa diandalkan dalam hal urusan aplikasi dan gaming. Andreno 506 yang bertugas dalam urusan grafis, masih bisa melahap game terkini tanpa kesulitan.

Baterai dengan kapasitas 4000 mAh, juga tergolong besar dikelas smartphone dengan harga yang sama. Untuk pemakaian harian Note 4x bisa bertahan selama 18 jam dengan screen on time mencapai 7 jam. Bahkan jika dalam keadaan standby, Note 4x dikatakan bisa bertahan selama dua hari. Kapasitas baterainya yang besar didukung oleh fitur “quick charge” sehingga proses pengisian daya bisa lebih cepat.

Sektor kamera, Note 4x dibekali oleh kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel PDAF dual tone, dan kamera depan 5 megapiksel. Kameranya memang tidak wah banget dalam menangkap momen, tetapi masih bisa terlihat wajar dan komposisi warnanya pas. Untuk hasil video, smartphone ini mampu merekam dalam resolusi FHD 30 fps dan jika HD 120 fps.

Harga Xiaomi Redmi Note 4x di online store saat ini berkisar antara Rp 1.750.000 untuk varian 3/32 dan 2 jutaan untuk varian 4/64. Dengan harga yang demikian, Note 4x masih sangat layak untuk diburu bagi para penggemar smartphone berharga terjangkau namun performanya bisa diandalkan.