tenaga surya
tenaga surya

Ada beberapa jenis sumber tenaga listrik yang banyak digunakan di Indonesia, diantaranya adalah batu bara, kemudian tenaga air, minyak dan juga angin. Namun seperti yang diketahui bahwa sumber energi semacam ini pada masanya nanti pasti akan mengalami penurunan bahkan juga habis. Itulah mengapa banyak diantara perusahaan kelistrikan yang mulai mengembangkan inovasi baru, diantaranya adalah dengan memanfaatkan tenaga matahari atau surya. Panel surya terbaik ini adalah salah satu inovasi yang dapat mencukupi kebutuhan listrik manusia dimana kian lama jumlahnya memang semakin meningkat.

Bahkan jika dilihat sendiri sebenarnya sudah banyak sekali negara yang memanfaatkan tenaga matahari tersebut dalam mengembangkan pembangkit listrik dan hasilnya juga sukses besar, berikut diantaranya adalah daftar negara yang paling banyak menggunakan energi surya sebagai sumber tenaga mereka, diantaranya adalah:

1.Jerman, Jerman ini merupakan negara pertama dan juga terbesar yang sudah sejak lama memanfaatkan energi panas matahari sebagai pembangkit listrik mereka. Setidaknya instalasi yang dilakukan sudah lebih dari 40 MW dan senantiasa mengalami peningkatan, sampai dapat mensuplay kebutuhan listrik hingga 80% pada tahun 2050.

2.Spanyol, tak kalah dengan Jerman, maka ada negara Spanyol yang juga sudah cukup lama memanfaatkan penggunaan energi panel surya, setidaknya sudah sekitar 10% energi listrik yang digunakan oleh negara tersebut didapatkan dari panel surya.

3.Italia, masih di kawasan Eropa, negara Italia setidaknya mengkonsumsi listrik yang berasal dari panel surya sebanyak 9% dari total kebutuhan listrik mereka dan senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

4.Jepang, di kawasan Asia sendiri, maka Jepang yang sudah berinovasi dalam menciptakan pembangkit listrik dari panel surya, mereka bahkan menganggarkan dana sebesar 9 miliar USD untuk mengembangkan hal tersebut. Generator kelistrikan yang aman jika dibandingkan dengan nuklir yang pernah meluluhlantakkan Jepang.

5.Amerika Serikat, negara lainnya yang sudah mulai mengembangkan pembangkit listrik dari panas matahari ini adalah bagian dari Amerika Serikat, yaitu California, setidaknya 60% dari semua instalasi surya disini berasal dari negara tersebut.

Indonesia juga akan menjadi salah satunya.