top up etoll nfc

Setelah e-toll diwajibkan oleh pemerintah untuk pembayaran tol, orang-orang kini semakin menyadari pentingnya kehadiran NFC pada smartphone. Karena jika smartphone kita mendukung fitur NFC, kita bisa mengecek saldo, melihat rincian penggunaan, hingga mengisi saldo e-toll menggunakan smartphone tersebut dengan mudah. Kita tidak perlu repot mengisi saldo di indomaret atau gerai lainnya. Salah satu fungsi NFC memang sebagai sarana untuk membaca informasi di smart card, termasuk kartu e-toll/e-money.

Produsen smartphone belum terlalu menaruh perhatian untuk melengkapi smartphone mereka dengan NFC, rata-rata hanya tersedia di seri-seri flagship.

Rekomendasi Smartphone NFC 2018.

1. Zenfone 5 series.

Zenfone 5 series termasuk Zenfone 5Q, dan Zenfone 5Z telah mendukung fitur NFC. Tahun 2015 Asus merilis Zenfone 2 yang dibekali dengan fitur NFC, namun karena pada saat itu belum mendapat sambutan yang meriah, fitur tersebut absen di seri-seri berikutnya. Asus baru memberikan fitur NFC pada seri Zenfone 5 hampir 3 tahun setelah peluncuran zenfone 2.

  • Zenfone 5Q Rp 3.5 jutaan
  • Zenfone 5 Rp 4.5 jutaan
  • Zenfone 5Z Rp 6.6 jutaan

Jika ingin yang lebih terjangkau, Zenfone 2 bisa menjadi solusi yang ekonomis. Hanya saja harus lebih selektif karena kebanyakan kini hanya tersedia secondnya saja.

2. Smartphone Xiaomi fitur NFC.

Jajaran smartphone Xiaomi yang memiliki fitur NFC biasanya dari seri Mi, seperti Mi 5, Mi6, Mi 8. Namun sayangnya smartphone tersebut tidak masuk secara resmi ke Indonesia, jadi kebanyakan dari mereka hanya mengandalkan garansi distributor saja.

3. Samsung dengan Fitur NFC.

Samsung merupakan produsen paling laris di Indonesia, jajaran smartphonenya banyak mengisi berbagai segmen. Mulai dari seri termurah seperti seri J sampai ke galaxy s9 yang harganya belasan juta rupiah.

  • Samsung Galaxy A8 dan A8+
  • Samsung Galaxy A6
  • Samsung Galaxy S8,S9,S9+
  • Samsung Galaxy Note 8, Note 9

4. Huawei Dengan Fitur NFC

Huawei merupakan merk smartphone asal tiongkok yang mulai menancapkan tajinya kembali di tanah air. Seri Huawei P20 pro sukses menjadi smartphone dengan kamera terbaik saat ini. Dan seri apakah yang mendukung NFC ?.

  • Huawei P20 pro
  • Huawei P10 series

5. Iphone Dengan Fitur NFC

Apple pertama kali menghadirkan fitur NFC pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, namun dibatasi penggunaannya hanya untuk layanan pembayaran Apple Pay. Untuk seri selanjutnya seperti Iphone 7, Iphone 7 Plus, Iphone 8, hingga iphone terbaru lainnya tentu saja sudah dibekali NFC.

6. Oppo Dengan NFC.

Oppo mulai membekali smartphone mereka dengan NFC pada seri Oppo Find 5 dan Find 7. Dan yang terbaru ada Oppo F7 dan F9.

  • Oppo F7
  • Oppo F9

Untuk smartphone lokal baru ada Polytron Prime 7 yang tercatat sudah mendukung fitur NFC. Untuk seri smartphone “batam” yang notabene eks luar negeri juga rata-rata sudah mendukung NFC. Hanya saja memang kita tidak akan mendapatkan jaminan garansi selayaknya smartphone resmi.

Nah jika ada yang terlewat silahkan untuk meninggalkan komentar ya.