pantai kedungtumpang
instagram.com/henidianasa

Tulungagung adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa timur dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan kabupaten ini. Tidak heran jika kemudian Kabupaten Tulungagung ini memiliki pantai-pantai yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Panorama yang terbentang seolah menjadi pengobat suntuk yang mujarab dari kesibukan dan bisingnya daerah perkotaan. Hamparan pasir pantai yang berpadu dengan birunya air laut Samudera Hindia menjadi harmoni yang begitu indah dan syahdu.

Bahkan beberapa pantai di Tulungagung ini memiliki lansekap yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan pantai di tempat lain, begitu unik dan cocok untuk digunakan sebagai spot foto. Dan inilah beberapa pantai tersebut yang telah direkomendasikan oleh Qupas.

1. Pantai Kedung Tumpang.

kedung tumpang tulungagung
instagram jallanbareng

Pantai ini terletak di Area Perkebunan Pucanglaban Tulungagung, dan bisa dicapai dari pusat kota dengan membutuhkan waku sekitar 1.5 jam. Tiket masuknya hanya Rp. 5000 per orang. Disini tidak ada pasir terhampar, justru ada sebuah Laguna yang berisi air yang sangat jernih sehingga kita bisa melihat karang yang ada di dasar laguna ini. Betul-betul indah dan instagramable!.

Jika mengunjungi pantai ini, jangan lengah dan perhatikan keselamatan karena ombak di pantai ini cukup besar begitu pula dengan anginnya yang berhembus cukup kencang. Warga setempat mempercayai sebuah mitos bahwa pengunjung pantai dilarang membawa jeruk turun ke daerah bawah pantai karena itu akan mengundang ombak besar.

2. Pantai Pacar.

pantai pacar
instagram god_ferynyster

Masih berada di sekitar area perkebunan pucanglaban, ada sebuah pantai yang indah bernama Pantai Pacar. Panorama disini sangat alami dan belum terlalu ramai. Namun sayangnya akses jalan ke pantai pacar masih rusak dan berkerikil sehingga cukup menyulitkan untuk mengunjunginya. Selain itu akomodasi di pantai ini masih minim, hanya ada warung kecil, mushola dan tempat bilas. Tidak ada tiket, kita hanya ditarik parkir sebesar Rp 5000.

3. Pantai Molang.

tulungagung tourism

Terletak di area Pucanglaban, petunjuk menuju arah ke Pantai Molang dapat terlihat dengan jelas. Jalan ke Pantai Molang sudah diaspal bagus, wlaupun begitu masih ada beberapa titik area jalan aspal yang rusak. Ke Pantai Molang bisa diakses dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, meski treknya cukup emnantang. Pantai Molang terletak berdekatan dengan Pantai Pacar dan Pantai Lumbung.

Pantai Molang relatif sepi dan masih alami sekaligus jauh dari keramaian sehingga keasriannya masih sangat terjaga. Pantai molang menyajikan hamparan pasir putih yang sangat bersih. Lautan biru dengan deburan ombak pantai selatan sejauh mata memandang. Sementara dataran karang mewarnai indah mengundang siapapun untuk menapakinya. Pantai Molang mempunyai dua bagian yang dipisahkan oleh muara sungai. Di seberang sungai, ada dataran karang luas yang sangat menawan seolah dataran padng pasir.

4. Pantai Dlodo

pantai dlodo
https://www.instagram.com/fiaa_silfiaa/

Masih di area Pucanglaban, Pantai dlodo menyajikan pantai dengan pasir putih yang cukup panjang. Akses jalan cukup mudah, namun memang masih banyak jalan yang hanya batu-batu saja. Untuk akomodasi disana sudah ada tempat parkir dan toilet.

Pantainya sangat panjang dengan tebing di sisi kanan dan kiri, deburan ombak cukup besar, jadi sebaiknya jangan berenang. Ada beberapa gundukan pasir dan muara sungai yang mengalir menuju pantai ini. Cocok untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.

5. pantai Sanggar.

pantai sanggar
https://www.instagram.com/bachtiardf/

Pantai sanggar, seperti hiden beach paradise dengan pantainya yang masih alami. Pantai ini berada di desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini  masih sangat jarang dikunjungi para wisatawan karena tempatnya yang cukup jauh dari pemukiman warga.

Akses menuju pantai ini masih belum memadai, jarang ada papan petunjuk, jalannya kurang lebih 1,5km yang hanya bisa dilalui montor. Mobil hanya bisa sampai pemukiman. Jika musim hujan jalan menjadi lebih susah untuk dilewati, Jangan lupa membawa perbekalan karena belum ada warung yang memadai.

Nah itulah daftar Pantai yang berada di Kabupaten Tulungagung, kebanyakan masih berupa pantai perawan yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Diharapkan pantai-pantai ini mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah Tulungagung sehingga memiliki akses yang lebih baik dan akomodasi yang representatif.