kerja mahasiswa
Graduates walking towards future

Bulan ramadhan sudah lama berakhir, dengan segala tantangan dan kelebihannya. Bagi kamu seorang mahasiswa harus memanfaatkan beberapa sumber penghasilan berikut yang gak bisa kamu lewatkan.

Kami ngerti kamu makanya kami tidak memasukkan Gojek sebagai salah satu pilihan penghasilan buat kamu. Selain bikin gerah, pengguna juga drastis berkurang semasa libur lebaran ini karena banyak yang masih mudik. Nah, simak beberapa pilihan penghasilan buat mahasiswa yang ngertiin kamu berikut.

Freelancer
Menjadi seorang freelancer bukan lagi menjadi hal yang taboo sekarang ini. Bahkan banyak generasi millennial yang memilih profesi sebagai freelancer sebagai pilihan, dibandingan sebagai pekerja kantoran.

Apalagi, kelebihan seorang freelancer sangat cocok buat kalian para mahasiswa. Yang pertama, waktu yang sangat fleksibel. Asalkan target kamu tercapai, gak perduli kapan kamu mau ngerjain itu tugas, pake sistem cicil ataupun kebut semalam juga okay asalkan hasilnya juga tetap memenuhi standar si klien.

Kamu bisa gunakan situs paling populer Freelancer untuk mendaftar dan memilih keahlian yang kalian kuasai. Yang paling menarik, kamu dapat memilih pilihan Local Job untuk mencari pekerjaan yang disediakan di kota kamu sendiri.

Di Forum Adsense Indonesia lain lagi, kamu dapat menjual artikel yang kalian tulis dengan sistem lelang disini. Rata-rata harga per artikelnya mulai dari $1 sampai $2 tergantung dari jumlah kata artikel buatan kamu.

Jualan Foto
Kalian semua pasti punya HP dengan kamera, itu sebenarnya sudah cukup untuk memulai kamu mendapatkan penghasilan tambahan bahkan dapat menjadi pundi-pundi uang jika kamu sudah berpengalaman.

Sistem pembayarannya adalah dengan bagi hasil, kita mendapatkan 70% hasil penjualan gambar, dan setiap lisensi gambar rata-rata bernilai $250, contohnya di 500px Prime. Setiap situs penjualan gambar memberikan pembagian hasil yang berbeda-beda.

Di Shutterstock tercatat, sudah lebih dari $300 juta pemasukan bagi penjual foto dalam lebih dari 500 juta unduhan. Mau jadi salah satu dari mereka?

Foreign Exchange
Rupiah sedang bergejolak. Namun bukan berarti rupiah akan terus mengalami pemerosotan. Rupiah sejatinya akan bergerak naik terutama dimasa pemilu. Masa sih Jokowi mau di cecar makian dari oposisi karena rupiah melewati batas ambang psikologi nya di Rp. 15.000 ? Simak berita di televisi dan jadikan ini keuntungan buat kamu.

Buat pemula, pelajari lebih dulu aturannya di tradeforex, lebih bijak jika kamu gak melewati limit 1 juta selama pembelajaran trading ini.

Reseller Baju Lebaran
Permintaan baju lebaran sejatinya meningkat signifikan selama bulan puasa. Pasti juga banyak dari kalian yang memutuskan untuk membeli baju lebaran di awal bulan puasa alih-alih mendekati lebaran. Alasan yang paling masuk akal pastinya adalah harga yang lebih murah, selain mall yang jauh lebih sepi.

Walaupun akan ada banyak diskon baju lebaran, sejatinya, prinsip ekonomi berbicara jika ada banyak permintaan, maka harga akan naik. Kamu dapat memanfaatkan peluang ini dalam 2 tipe bisnis.
Yang pertama adalah wholesale/reseller atau kamu membeli satu gudang baju lebaran untuk dijual kembali. Disini kamu akan diuntungkan dengan prinsip ekonomi tadi, dimana baju lebaran akan lebih murah di hari biasa, yang nanti dapat kamu jual pada bulan ramadhan. Kamu disini menjadi penjual musiman.

Yang kedua adalah menjadi dropshipper atau perantara antara pemilik barang dan pembeli. Resikonya sangat kecil, dan kamu dapat menjualnya di Shopee, Buka Lapak, Tokopedia bahkan sampai Media Sosial.

Demikian 4 penghasilan buat mahasiswa yang ngertiin kamu selama bulan puasa dan jangan lupa bayar pajak ya!