augmented reality
src : medium

Augmented reality atau yang akrab dengan singkatan AR adalah sebuah terobosan paling baru untuk Anda yang suka dengan sensasi nyata ketika memainkan aplikasi. Saat ini aplikasi augmented reality juga sudah bisa Anda temukan di Google PlayStore, baik itu untuk versi gratis maupun versi berbayar.

Augmented reality pada dasarnya adalah teknologi gabungan antara lingkungan di sekitar Anda dan para pengguna lain dengan informasi digital secara nyata. Cara kerja yang diusung juga cukup sederhana yaitu dengan memakai lingkungan sekitar pengguna kemudian memunculkan beberapa konten informasi digital overlay di atas gambar lingkungan tersebut.

Pengalaman baru dan luar biasa tentunya akan segera Anda dapatkan dari konsep augmented reality. Saat ini bahkan sudah banyak developer yang menawarkan sederet aplikasi berbasis augmented reality pada Google PlayStore. Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

  1. Snapchat

Bagi Anda yang doyan sosial media dan bermain ponsel mungkin aplikasi augmented reality Snapchat sudah tidak asing lagi. Atau mungkin Anda juga pernah menggunakannya? Ya aplikasi Snapchat ini memiliki fitur pesan yang sifatnya sell-destructing.

Fitur lain yang akan Anda dapatkan adalah Lenses yang mana memanfaatkan kamera ponsel dengan teknologi augmented reality untuk bisa menambahkan stiker berbentuk tiga dimensi (3D) pada wajah Anda secara nyata atau real time. Filter ini dengan otomatis akan mendeteksi karakteristik dari wajah Anda dan mengubahnya menjadi bentuk lainnya seperti zombie, muntah pelangi dan beberapa wajah lainnya.

Cara menggunakannya juga cukup mudah Anda hanya perlu mengaktifkan filter dari aplikasi Snapchat kemudian pada wajah ketika melakukan selfie. Filter yang paling diminati oleh para pengguna adalah gambar hewan seperti anjing, kelinci dan kucing maupun filter hantu.

  1. Wikitude

Wikitude merupakan salah satu aplikasi augmented reality yang paling recommended bagi Anda yang suka atau pernah membaca Wikipedia. Aplikasi ini akan memberikan Anda banyak informasi yang relevan terkait dengan apa yang saat itu sedang berada depan atau sekitar Anda.

Kali ini kamera ponsel akan memindai secara landscape pada objek yang berada di depan Anda dan selanjutnya fakta menarik dari benda tersebut akan muncul dengan konten menarik. Contoh mudahnya begini. Anda sedang berada di sebuah kota yang masih asing, namun nama-nama dari gedung dan beberapa bangunan lainnya bisa Anda ketahui dengan mudah setelah menscannya dengan aplikasi Wikitude.

  1. Kick Ball (ARSoccer)

Aplikasi augmented reality ini paling cocok bagi Anda yang mengaku pecinta bola. Apalagi jika tiba musim pertandingan bola seperti Euro dan Piala Dunia. Kick Ball ini menjadi game yang bisa memberikan gambaran bola secara virtual. Bukan hanya itu saja bola yang ada pun bisa Anda tendang.

Cukup arahkan kamera dari ponsel ke kaki dan akan muncul bola virtual di layar ponsel untuk Anda tendang. Anda bisa melakukan latihan olahraga sepak bola dimana saja tanpa harus merasa khawatir akan merusak berbagai macam perabotan yang ada di sekelilingnya.

  1. Quiver

QuiverBayangkan bagaimana repotnya membawa buku, kanvas, cat warta, pensil warna dan beberapa pendukung lainnya kemana-mana, padahal hobi Anda memang bermain dengan beberapa warna tersebut. Sayangnya gambar yang sudah dibuat tidak bisa hidup. Tapi kini Anda tidak perlu merasa khawatir sebab Quiver bisa selalu mewujudkan gambar Anda menjadi nyata.

Aplikasi augmented reality ini mampu menjadi buku mewarnai yang hidup. Anda bisa memilih berbagai jenis gambar baik itu dari aplikasi langsung atau mengunduh sendiri dari beberapa situs untuk di print.

Jika gambar sudah siap maka Anda bisa mewarnainya sesuai selera dan ketika sudah selesai maka Quiver bisa membuat gambar Anda menjadi hidup dan bergerak. Karakter yang sudah Anda beri warna juga bisa Anda diajak bermain dengan menyentuh bagian layar ponsel.

  1. Ikea

Pernah tidak Anda berpikir untuk bisa membuat perabotan rumah seperti sofa yang empuk lengkap dengan mejanya namun takut jika ukuran tersebut tidak sesuai? Jika memang benar maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi augmented reality Ikea. Aplikasi ini akan menampilkan berbagai macam furniture yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Jika warna atau desain yang diusung kurang maksimal, maka Anda bisa memilih dan mengganti warna tersebut dengan pilihan yang sesuai. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindai katalog menggunakan bantuan kamera ponsel.

  1. GoogleTranslate

Anda yang memiliki hobi travelling kini tidak akan pernah merasa khawatir ketika bepergian, termasuk juga ketika pergi ke tempat yang masih cukup asing. Google Translate yang notabene-nya bisa menerjemahkan hampir semua bahasa yang ada di dunia ini sekarang hadir dengan aplikasi augmented reality.

Anda kali ini tidak perlu berpikir keras untuk bisa menerjemahkan atau mengartikan papan petunjuk atau beberapa hal lain yang masih asing di tempat baru. Dengan bantuan Google Translate cukup dengan mengarahkan kamera ponsel pada papan atau benda yang ingin di translate saja semuanya bisa berubah sesuai dengan bahasa Anda.

Langkahnya juga mudah cukup tahan kamera ponsel yang tadi sudah di arakan ke beberapa tulisan yang ingin diterjemahkan. Google akan menerjemahkan ke padam bahasa yang Anda inginkan seperti Bahasa Indonesia. Selain itu hal menarik dari aplikasi ini adalah Anda tidak perlu koneksi internet untuk menggunakannya.

Itu dia tadi beberapa aplikasi augmented reality yang bisa Anda coba. Mungkin beberapa aplikasi di atas akan semakin memudahkan Anda dalam berbagai macam aktivitas. Selain itu sensasi gabungan dunia nyata dengan digital juga bisa Anda rasakan. Selamat mencoba!