khasiat ampas teh hitam

Teh adalah minuman yang sangat populer di Indonesia, bahkan bagi orang jawa menghidangkan teh manis sudah menjadi ciri khas yang selalu ada. Selain itu, karena diberkahi dengan tanah yang subur disertai daerah pegunungan yang sejuk membuat Indonesia juga sangat cocok untuk ditanami teh. Sejauh ini, produksi Teh indonesia cukup diperhitungkan dengan menduduki posisi ketujuh di dunia. Provinsi yang paling banyak menghasilkan Teh adalah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Utara. Teh Indonesia dikenal berkualitas karena memiliki kandungan katekin (antioksidan alami) tertinggi dibandingkan dengan negara lainnya di dunia. Produksi teh Indonesia didominasi oleh teh hitam, lalu selanjutnya diikuti oleh teh hijau.

Teh merupakan minuman yang memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, dan sudah lama dikenal berkhasiat untuk memperbaiki metabolisme tubuh, mengurangi risiko kanker dan yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuanya untuk merawat kecantikan kulit. Tapi yang dipergunakan untuk perawatan kulit, bukan hanya minumanya lho, tetapi juga ampas teh juga sangat bagus digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

Ampas Teh Hitam dapat dibuat sebagai masker yang sangat berguna untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit lebih cerah, bahkan mampu untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang sehingga terlihat lebih awet muda. Untuk cara mendapatkan ampas tehnya kita bisa melakukan ini. Siapkan 2-4 buah kantong teh lalu selanjutnya bisa kita celupkan pada secangkir air panas selama semalaman. Pada pagi hari, keluarkan ampas teh hitam dari kantongnya. Untuk hasil yang lebih maksimal, ampas teh bisa dipadukan dengan Madu dan perasan lemon. Untuk cara pemakaiannya juga sangat mudah, tinggal oleskan secara merata pada wajah dan tunggu selama 5 sampai 10 menit lalu kemudian bilas wajah dengan air bersih.

manfaat ampas teh hitam
daillyhealthpost

Kandungan antioksidan dan tanin yang ada dalam teh juga mampu untuk membantu menghilangkan kantung mata atau mata panda. Ampas teh bisa mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata yang menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam dibawah mata. Cara memakai Ampas Teh untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan 2-4 teh celup dalam cangkir air panas lalu diamkan selama satu malam. Kemudian keesokan harinya, ampas atau kantung teh tersebut bisa kita gunakan untuk mengkompres kedua bagian mata. Untuk sensasi yang dingin dan menyejukan yang lebih baik untuk mata, kita bisa mencelupkan teh tersebut terlebih dahulu ke dalam air es. Kompreskan ke kedua mata, sambil pijat dengan lembut di bagian kantung mata. Biarkan selama beberapa saat sampai merasa rileks, kemudian kita membilas mata dengan menggunakan air bersih.

Ampas Teh merupakan cara hemat yang bisa kita lakukan untuk perawatan terhadap wajah dengan biaya yang murah tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Hanya perlu meluangkan waktu dan dilakukan secara teratur, bukan mustahil wajah yang lebih cerah dan awet muda akan kita dapatkan. Maka dari itu jangan buru-buru untuk membuang ampas teh yang telah terpakai ya, gunakanlah untuk merawat kesehatan wajahmu terlebih dahulu. Selamat mencoba.