oppo-find-x unboxing

Pasar smartphone flagship di Indonesia semakin menarik setelah Oppo secara resmi merilis Find X. Smartphone ini dibanderol dengan harga yang lumayan fantastis untuk ukuran sebuah ponsel yakni hampir 13 jutaan. Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara kedua setelah Malaysia yang mencicipi Find X. Sementara secara global Find X dirilis di Paris 19 Juni lalu, menyusul kemudian negara India pada tanggal 12 Juli. Sebelumnya telah ada Huawei P20Pro, Samsung Galaxy S9+ dan Iphone X yang mengisi segmen premium ini.

Kelebihan Oppo Find X.

Kekuatan utama dari Oppo Find X adalah dari segi desainnya yang anti mainstream, balutan kaca di seluruh bodynya pun menambah kesan elegan dari smartphone ini. Untuk sebuah smartphone seharga motor apasih kelebihan dari Oppo Find X yang lainnya ? yuk kita simak.

1. 3D Stealth Camera

Akhri-akhir ini desain smartphone terasa seragam, yakni mengusung notch untuk membuat rasio layar dengan body semakin besar. Hampir semua produsen smartphone memiliki produk smartphone dengan Notch, dan Oppo tidak ingin mengekor dan percaya diri membuat desain yang cukup radikal yakni “3D Stealth Camera“. Dengan fitur ini, Kamera Find X tersembunyi di dalam bodi dan hanya akan muncul saat kita ingin memotret dan mengaktifkan senter. Oppo menggunakan micro motor yang berfungsi “memunculkan” modul kameranya agar terangkat dan bisa digunakan. Sebagian orang mungkin mengira ini akan sangat rentan saat terjatuh, namun Oppo mengklaim akan aman saja karena dilengkapi sensor anti jatuh yang secara pintar memerintahklan kamera menutup sebelum benturan terjadi.

Kamera depan OPPO Find X sendiri tidak main-main karena dibekali dengan kamera beresolusi 25MP dengan sensor IMX 576, sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 16MP dan 20MP dengan sensor IMX 519+ dan IMX 376k.

kelebihan dan kekurangan oppo-find-x

2. Desain Keren Panoramic Arc

Sebagai smartphone berharga selangit tentu saja Oppo Find X membekali diri dengan material yang bernilai tinggi. OPPO Find X menggunakan material kaca yang selain memberikan kesan yang mewah juga diklaim tahan gores dan benturan. Build quality perangkat Oppo Find X terasa begitu solid dan memang sesuai dengan posisinya sebagai perangkat kelas premium.

Disisi Layar Smartphone ini dilengkapi dengan layar 6,42 inci berteknologi AMOLED, beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), dan beraspek rasio 19,5:9 yang diklaim merupakan rasio layar tertinggi di seluruh ponsel pintar dengan 93,8 persen. Bahkan bezelnya pun sangat tipis sehingga terlihat semakin futuristik.

3. Hardware Mumpuni.

Prosesor Snapdragon 845 saat ini menjadi prosesor terkuat yang ada di bumi, dan Oppo Find X membenamkannya untuk memberikan pengalaman penggunaan terbaik untuk para pemiliki Find X. Untuk sektor hardware lainnya terdapat (GPU) Adreno 630 yang gegas mengolah grafis, RAM 8 GB untuk multitasking lebih baik dan ROM 256 GB yang cukup lega untuk menyimpan file. Yang cukup disayangkan, Oppo Find X tidak menyediakan slot untuk memori eksternal.

Kekurangan Oppo Find X.

Kamera Motorized.

kamera oppo find x
src: trustedreviews

Disatu sisi, desain ini memang terlihat fresh dan mengagumkan. Namun disisi yang lain desain kamera yang dapat bergerak ketas bawah ini menimbulkan kekhwatiran jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Banyak pihak meragukan kamera motorized tersebut dapat berjalan dengan baik jika terpapar debu dari pemakaian sehari-hari.

2. Harga yang Mahal.

Harga Oppo Find X bisa dikatakan sangat mahal, hal ini membuat tidak semua orang dapat memiliki ponsel ini sebagai gawai harian mereka. Sebelumnya Oppo memang belum pernah menghadirkan smartphone dengan rentang harga yang demikian tinggi. Dengan kehadiran Oppo Find X mereka seolah menegaskan bahwa mereka juga mampu menghadirkan perangkat segmen premium.

3. Belum Wireless Charging.

Pada rentang harga yang sama, Samsung galaxy S9 mampu memberikan fitur wireless charging yang sangat simple dan praktis. Sangat disayangkan fitur ini tidak bisa diberikan oleh Oppo Find X.

Spesifikasi Oppo Find X

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 845 dan chip grafis Adreno 630
Layar: 6,42 inci 2340×1080, 401ppi, AMOLED, Panoramic Arc Aspek Ratio 19,5:9.
Dua Kamera Belakang 16MP dan 20MP
Kamera depan: 25 MP
Baterai: 3.730 mAh
RAM: 8 GB
Penyimpanan Internal: 256 GB
OS: ColosOs 5.1 Berbasis Android Oreo 8.1.