MediaTek-Helio-A22

Selama ini mediatek lebih dikenal sebagai produsen prosesor spesialis untuk smartphone dengan harga terjangkau. Walaupun begitu, mereka tidak berdiam diri dan menyiapkan seri prosesor terbaru yang kemudian diberi tajuk Helio A22 dan diklaim akan memiliki fitur dan performa yang lebih baik dari para pendahulunya. Di pasaran, Helio A22 ini akan berhadapan dengan snapdragon 439 yang menjadi jagoan dari Qualcom. Mediatek berani menjanjikan bahwa prosesor Helio A22 ini akan lebih kencang 30% di sektor chipset dan 72% di sektor grafis daripada pesaingnya itu.

Hal ini bisa terjadi karena Basis teknologi Helio A22 adalah CPU Cortex-A53 dengan pemrosesan empat inti (quad-core) dan GPU PowerVR. RAM yang didukung oleh Helio A22 bertipe LPDDR3 dan LPDDR4x yang dapat mendukung hingga kapasitas 4/6 GB. Menariknya lagi, arsitektur chip Helio A22 menggunakan pabrikasi 12 nm yang membuat prosesor ini lebih kecil dan efisien. Ini adalah sebuah pencapaian yang cukup penting mengingat sebelumnya chip perangkat murah biasanya menggunakan pabrikasi 28 nm.

fitur ungguln mediatek helio A22
src: lowyat.net

Bukan tidak mungkin dengan hadirnya Helio A22 ini, dimasa depan akan ada smartphone berharga murah yang dibekali RAM 4GB. Ponsel berharga terjangkau akan menjadi semakin bertenaga dan powerful. Untuk sisi kamera Helio A22 mendukung penggunaan kamera single dengan resolusi 21 megapixel, atau dua kamera belakang 13 megapixel dan 8 megapixel. Chip ini juga dapat menjalankan fitur AI Face Unlock yang saat ini cukup dinantikan oleh para pengguna.

Perangkat yang dirumorkan akan menggunakan Mediatek Helio A22 ini adalah Xiaomi Redmi 6A yang diperkirakan akan dibanderol dnegan harga kisaran Rp 2jutaan. So kita nantikan saja kedatangan prosesor terbaru mediatek ini.