Saat ini pulau jawa sudah terhubung oleh jaringan jalan tol, dari Jakarta hingga ke Surabaya bisa terus melalui tol yang notabene katanya lebih lancar. Walaupun kalau musim mudik atau balik tetap saja tersendat. Sejak tahun lalu pembayaran tol diubah dari tunai menjadi uang elektronik alias e-tol. Dengan dilakukannya elektronifikasi, diharapkan pembayaran di gerbang tol akan lebih lancar sehingga antrean di gerbang tol bakal berkurang.

Nah imbasnya para pengguna tol kini harus memiliki kartu e-tol yang dapat di top-up untuk bisa masuk ke tol. Beberapa bank kemudian mengeluarkan produk etol nya masing-masing. Untuk Top-up bisa dilakukan dnegan berbagai cara, dan salah satunya yang paling mudah dan gmapang adalah melakukan top-up dengan menggunakan smartphone. Beruntung Zenfone 2 yang saya miliki sudah mendukung NFC hingga ketika mencobanya memang beneran bisa.

Top Up Online Melalui Smartphone dengan Teknologi NFC

  1. Buka Aplikasi BRI Mobile versi 7.2.0
  2. Pilih menu Internet Banking BRI
  3. Masukkan User Id dan password
  4. Pilih menu Pembelian
  5. Pilih Menu Top Up Online Brizzi
  6. Pilih no Rekening
  7. Masukkan Nominal Saldo
  8. Masukkan Password
  9. Tap Kartu Brizzi di belakang smartphone anda
  10. Saldo otomatis bertambah

Mudah dan praktis untuk top-up ataupun cek saldo e-toll dengan smartphone yang mempunyai fitur NFC. Hanya perlu tap kartu di belakang smarphone, maka data-datanya akan terbaca. Ayo dicoba, sangat mudah dan aman kok.