Tahun ini menjadi ajang comeback bagi ASUS, setelah merilis Zenfone Max Pro M1 yang sukses mengguncang pasar, ASUS kemudian  merilis Zenfone 5 series yang lagi-lagi sukses di buru pecinta gadget. Namun yang mungkin terlewatkan adalah ASUS juga mempunyai smartphone berharga terjangkau yakni Zenfone Live L1. Smartphone ini mengisi segmen smartphone murah berharga 1 jutaan.

Zenfone Live L1 hadir dengan dua varian yakni ZenFone Live L1 yang dibanderol dengan harga Rp 1,699 juta untuk RAM 3/32 GB dan Rp 1,399 juta untuk RAM 2/16 GB. Untuk harga yang lebih murah bisa kita dapatkan melalui flashsale yang digelar oleh JD.id, varian RAM 2/16GB bisa didapatkan dengan harga Rp 1,299 juta. Kabar baiknya adalah Zenfone Live L1 ini stoknya melimpah, jadi bagi kamu yang ingin memilikinya akan relatif lebih mudah, tidak seperti seri Max Pro M1 dan Zenfone 5 yang dibilang ghoib oleh netizen.

Desain dan Build Quality
Pertama kali menggenggam Zenfone Live L1 ini kesan yang ditangkap adalah smartphone ini begitu ringan. Dan memang setelah menilik spesifikasinya, Zenfone Live L1 hanya memiliki bobot 140 gram. Bobot yang ringan ini dihasilkan dari pemilihan material polycarbonate untuk keseluruhan bodynya, bagi smartphone berharga terjangkau pemilihan material seperti ini memang dapat dimaklumi. Walaupun demikian, Zenfone Live L1 masih nyaman digenggam dan cukup solid. Terlebih dalam paket penjualan disertakan pula jellycase yang memberikan proteksi lebih baik terhadap bodynya.

Zenfone Live L1 mengusung layar kekininan fullview 18:9 dengan dimensi 5.5 inci beresolusi HD+. Layarnya ini mampu memberikan detail gambar yang tajam, sangat apik bagi sekelas smartphone 1 jutaan. Namun sayangnya, layar ini tidak disertai dengan proteksi layar seperti gorilla glass. Untuk proteksi berlebih pada layar kita bisa memberikan tempered glass sendiri. Dengan desain layar fullview, Live L1 ini memiliki dimensi yang lumayan ramping, hal ini menjadikannya mudah dioperasikan dengan satu tangan.Tidak ada tombol kapasitif pada dagu smartphone ini, Asus membenamkan tombol navigasi langsung di dalam layar alias menyatu dengan user interface.

Soal ketersediaan slot, Asus sudah mengusung konsep triple-slot. Ini menjadi kabar baik, bagi mereka yang memiliki dua nomor berbeda dan ingin juga memasang Micro SDcard. Pada bagian atas terdapat lubang jack 3.5, di bagian samping kiri ada slot, sisi kanan ada tombol volume dan power button, dibagian bawah ada lubang charger type usb dan juga speaker.

Ada Face Unlock tapi Absen Fingerprint
Zenfone Live L1 berusaha tampil kekinian dengan maksimal, usaha ini terlihat berkat dipasangnya tekhnologi Face unlock dalam smartphone ini. Walaupun pada akhirnya fitur fingerprint yang telah lebih dulu populer harus absen dari Zenfone Live L1. Kemampuan faceunlock nya cukup lumayan dalam mengenali wajah, walaupun memang harus berada di bawah pencahayaan yang cukup agar dapat bekerja dengan baik.

Android 8.0 Oreo dengan ZenUi 5.
Sistem operasi yang digunakan adalah Android Oreo yang dipadukan dengan ZenUi 5. UI ini dikembangkan oleh ASUS sendiri. Ui terlihat lebih minimalis, tidak banyak bloatware terlihat memenuhi layar maupun memory.

Prosesor Entry Level dengan Fitur game Genie.
Smartphone terjangkau ini menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 425 dengan prosesor quad-core 1.4GHz. Performanya jika untuk pemakaian ringan sepertinya dapat berjalan dengan baik, namun jika digunakan untuk menjalankan game berat smartphone ini tidak disarankan. Game ringan seperti Mobile Legends dan Free Fire Battleground masih bisa diset ke setingan terbaik dan berjalan dengan cukup lancar. Tetapi jika memainkan game dengan grafik intens seperti PUBG, di set di setingan low pun masih terdapat lag disana-sini.

Zenfone Live L1 mungkin bukan smartphone gaming seperti Zenfone Max Pro M1, tetapi menariknya smartphone ini dibekali dengan fitur game genie yang sangat berguna saat kita bermain game. Dengan hadirnya game genie kita bisa melakukan live streaming game, rekam, hingga boost performa agar lebih smooth.

Kamera 13 Megapiksel Dapat diandalkan.
Seri Zenfone Live lebih identik sebagai smartphone yang diperuntukan bagi mereka yang senang bermain social media.  Untuk mendukung hal ini tersemat kamera dengan resolusi 13 MP di belakang dan kamera 5 MP di depan. Untuk hasil jepretannya, menurut saya sudah cukup tajam dengan komposisi warna yang dihasilkan juga natural.

Foto selfie yang dihasilkan pun terasa lebih baik, apalagi ada fitur beuty yang bisa menyulap wajah lebih cantik.

Kesimpulan
Di rentang harga yang sama Zenfone Live L1 akan bertarung dengan Xiaomi Redmi 5a, kabar baiknya Zenfone Live L1 mengusung layar yang lebih kekinian. Dari sisi desain tidak banyak hal yang perlu dibanggakan, pun demikian tidak ada yang perlu dirisaukan. Zenfone Live L1 sudah tampil dengan maksimal sebagai smartphone terjangkau. Kinerjanya cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari, kameranya bisa diandalkan untuk menangkap momen, So bagi kamu yang ingin mengganti smartphone di harga 1jutaan Zenfone Live L1 sangat layak untuk dipertimbangkan.