Jutaan pasang mata tertuju ke Rusia, perhelatan akbar “World Cup” tengah berlangsung selama bulan Juni-Juli ini. Bagaimanapun, Sepak Bola adalah olahraga yang paling populer di Dunia, tak heran hingga kemudian ajang empat tahunan ini selalu menjadi pusat perhatian ketika diselenggarakan. Orang-orang terkena “Demam Bola”, seolah tersihir untuk terus menyimak tim kesayangannya. Menjadi tradisi wajib setiap ada pertandingan bola maka enaknya “Nobar” alias nonton bareng. Menyanyikan yel-yel, pakai jersey, dan merayakan gol bareng rasanya pasti akan berbeda sekali jika dibandingkan dengan nonton sendirian.

Tempat nobar piala dunia banyak diselenggarakan, mulai dari warung pinggir jalan, kafe-kafe hingga hotel berbintang. Dengan segmen konsumennya masing-masing mereka berusaha menjadi tempat yang enak buat Nobar. Jika nobarnya ramai, berarti juga barang dagangan mereka akan laku lebih banyak. Makanan dan Minuman akan menjadi teman yang asik selama menikmati pertandingan. Apalagi di fase penyisihan grup seperti sekarang ini, dalam sehari ada 2 sampai 3 pertandingan yang terus digelar. Pertandingan pertama dimulai sekitar pukul 8 malam, hingga pertandingan terakhir di pukul 2 malam. Tempat Nobar pun akan terus buka sepanjang malam.

Walaupun selama perhelatan Piala Dunia ini Timnas Indonesia tidak tampil, dan memang tidak pernah satu kalipun selama sejarah event ini digelar Timnas kita masuk, tetapi Piala dunia selalu dinantikan masyarakat Indonesia. Memilih Tim jagoan masing-masing, dan kemudian Bintang-bintang sepakbola dari klub juga seolah menjadi bumbu-bumbu penyedap bagi gelaran Piala Dunia. Tak heran jika kemudian trending topik selama sebulan ini selalu seputaran bola. Hasil pertandingan, jadwal pertandingan, klasemen, bahkan prediksi pertandingan selalu ramai menghiasi jurnal-jurnal media.

Piala Dunia Rusia 2018 ini merupakan gelaran yang ke 21 selama sejarah Piala dunia telah berlangsung. Secara mengejutkan Italia dan Belanda tidak lolos ke putaran final Piala Dunia edisi kali ini, dan merekapun harus puas menjadi penonton. Justru negara debutan seperti Islandia dan Serbia menjadi tim yang cukup merepotkan di babak penyisihan grup Piala Dunia.

Aksi Mohamed Salah di negara Mesir juga sangat dinantikan, walaupun ternyata tidak mampu berbicara banyak dan harus pulang lebih awal tanpa satupun memetik kemenangan. Tim favorit Argentina juga sempat tersandung kala di tahan imbang oleh Islandia dan kalah di tangan Kroasia, namun secara dramatis Messi dkk mampu lolos setelah menaklukan Nigeria. Selalu ada kejutan dalam setiap gelaran Piala Dunia, maka dari itu banyak penikmat bola rela menonton pertandingan walaupun itu berlangsung larut malam.

Tempat Nobar Piala Dunia menjadi saksi dikala susah dan senang dalam mendukung tim kebanggaan. Gelak tawa dan keluh kekecewaan beradu di tiap momen pertandingan berlangsung. Itulah yang selalu dirindukan dalam setiap gelaran Nonton Bareng.