tumbuh kembang bayi
tumbuh kembang bayi

Mempunyai anak yang sehat dan tumbuh dengan baik merupakan dambaan setiap orang tua. Sang buah hati selalu ceria dan cepat tanggap dalam belajar menjadi kebanggan yang tidak terkira. Oleh karena itu, orang tua harus senantiasa mendampingi dan menjaga sang buah hati agar pertumbuhannya optimal. Bukan hanya bunda yang bertanggung jawab atas sang buah hati, tetapi juga peran ayah juga sangat penting dalam membentuk perkembangan kognitif serta membangun perilaku anak hingga dewasa kelak.

Bayi yang memiliki peran asuh dari ayahnya cenderung lebih aktif dan kreatif. Perhatian ayah terhadap sang buah hati membentuk ikatan batin yang akan mendukung tumbuh kembang dan akan terus melekat hingga ia besar nanti. Menurut penelitian, bayi yang memiliki perhatian dari sang Ayah akan memiliki kepribadian yang lebih stabil, memiliki inisiatif terhadap lingkungan, serta lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Mungkin banyak ayah merasa bingung, bagaimanakah cara ikut berperan dalam mengasuh si kecil. Padahal, perlakuan sederhana seperti menemani bermain, atau menidurkan sang buah hati sudah sangat berguna memberikan kenangan indah bagi mereka. Membacakan cerita sebelum tidur akan sangat baik untuk mempererat hubungan antara ayah dan anak. Selain itu mengantar tidur sang buah hati akan memberikan rasa aman dan merasa dilindungi bagi si kecil.

Tumbuh kembang bayi dari bulan ke bulan memiliki tahapan yang berbeda-beda dan tidak selalu sama antara satu dan yang lainnya. Sehingga bagi para orang tua tidak perlu terlalu fokus dan khawatir. Tiap bayi tidak ada yang sama persis pertumbuhannya. Yang terpenting adalah orang tua harus mengenali betul setiap perkembangannya dari waktu ke waktu.

Dan bagi para Ayah, jangan ragu untuk terlibat langsung dalam mengamati proses tumbuh kembang bayi anda. Jadikanlah masa pertumbuhan mereka lebih menyenangkan dan merasa bangga memiliki ayah seperti anda. Jangan sampai sikecil merasa kehilangan akan sosok ayah, atau merasa kurang diperhatikan, hal ini akan membuat anak memiliki emosi yang kurang stabil dan cenderung untuk bermasalah di kehidupan remajanya nanti. Tentu kita tidak mau itu terjadi bukan ?. Nah, selamat menjadi ayah yang baik ya daddy.