BERBAGI

Berhutang memang menjadi salah satu cara yang banyak di pilih untuk mengatasi masalah finance. Namun tanpa disadari yang namanya berhutang tentu saja akan semakin menambah masalah. Karena kita memiliki kewajiban untuk membayar hutang-hutang tersebut. Bahkan banyak pula dari mereka yang justru menjual harta bendanya hanya untuk membayar hutang-hutangnya. Berhutang sendiri memang bukan menjadi solusi terbaik untuk keluar dari masalah finance. Biasanya bayak orang yang mengalami terlilit hutang karena mereka yang tidak bisa mengatur keuangan. Sehingga berapapun penghasilan yang didapatkan akan tetap habis dan selalu kurang. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan penghasilan, akan semakin membuat hutang menjadi semakin bertambah besar saja. Ingin terbebas dari hutang, untuk itu anda langsung simak tips dibawah ini, diantaranya yaitu :

  • Cek cara mengelola gaji

Banyak orang yang mengalami masalah terlilit hutang karena mereka yang tidak bisa mengelola finance atau penghasilan. Untuk itu, sebaiknya anda mengecek cara anda mengelola gaji ataupun pendapatan. Pastikan kalau besarnya cicilan tidak lebih dari 30 % dari penghasilan. Sebaiknya anda bisa menghematnya dengan mengorbankan yang lainnya. Seperti mengorbankan untuk tidak pergi menonton bioskop selama beberapa waktu, mengurangi makan di restoran dan yang lainnya.

  • Mencari penghasilan tambahan

Agar penghasilan yang dimiliki semakin bertambah, maka selain anda mengurangu pengeluaran maka cara lain yang didapat dilakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan.  Apalagi saat ini semakin banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan cukup banyak uang.

  • Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan

Seperti yang sudah sempat dibahas sebelumnya. Kalau banyak orang yang terlilit hutang banyak karena mereka terlalu memaksakan untuk menjalani gaya hidup mewah, namun tidak sesuai dengan penghasilan mereka. Untuk itu sebaiknya hilangkan gengsi dan sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan anda. Jangan perdulikan apa kata orang, yang terpenting hidup kamu nyaman tanpa beban.

  • Gunakan aset untuk membayar hutang

Kalau kamu memiliki cukup banyak aset, seperti emas , deposito dan yang lainnya. Sebaiknya pertimbangkan untuk menjualnya dan membayar semua hutang yang dimiliki. Tidak mengapa aset yang dimiliki berkurang, asalkan semua hutang bisa terbayar dengan lunas dan tak ada lagi beban yang harus di pikul lagi.

  • Buat komitmen bayar semua hutang

Anda harus memiliki komitment untuk bisa membayar semua hutang uang dimiliki. Karena dengan membayar semua hutang yang dimiliki sangat penting sekali untuk membangun kredibilitas anda di mata banyak orang. Jangan sampai karena terlilit banyak hutang lantas anda tidak dipercaya oleh banyak orang.

  • Jangan menunda membayar hutang

Banyak orang yang malah justru menunda membayar hutang padahal mereka memiliki kemampuan untuk membayarnya. Sehingga hutang bukannya semakin berkurang justru semakin bertambah banyak. Belum lagi dengan denda yang harus dibayarkan. Untuk itu, sebaiknya sisihkan uang yang dimiliki untuk membayar hutang. Ingat jangan sampai menunda untuk membayarnya jika tak ingin hutang yang dimiliki menjadi semakin bertambah banyak.

Semoga artikel  yang sudah dibagikan mengenai beberapa Tips agar bisa terbebas dari lilitan hutang ini bisa bermanfaat dan juga membuat anda pun menjadi terbebas dari lilitan hutang. Jangan sampai karena hutang yang semakin besar membuat hidup menjadi sengsara dan juga tidak tenang. Untuk itu atur kembali masalah finance atau keuangan. Artikel menarik lainnya bisa didapatkan dengan mengunjungi situs gamaurugi.com

BERBAGI
Artikel sebelumyaJangan Panik Bila STNK Mobil Hilang, Begini Cara Mengurusnya!
Rian Ciung
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.

comments