Smartphone pada dasarnya memudahkan hidup kita, namun terkadang rasanya saya rindu dan ingin kembali ke zaman dimana featurephone masih menjadi primadona. Smartphone boleh jadi memberikan fitur canggih tetapi rasanya menjadi percuma jika kemudian ketahanan baterainya tidak bisa diandalkan. Baru dipakai sebentar sudah berteriak meminta di charge, dan kemudian banyak momen terlewatkan karena smartphone mati duluan. Jika begini hidup kita semakin ribet dengan hal-hal seperti mencari colokan atau bahkan menenteng powerbank kemana-mana.

Nokia sang ahli dari masa lalu sangat mengerti keadaan ini, dan kemudian pada tahun ini merilis produk terbaru mereka yakni Nokia 2. Pengalaman panjang mereka saat membuat feature phone di masa lalu menjadi modal besar yang berharga dalam penggarapan Nokia 2. Ponsel ini benar-benar menggambarkan bagaimana filosofi Nokia selama ini. Sebuah jawaban kerinduan terhadap sebuah ponsel yang bandel dengan baterai tahan lama.

Desain Nokia 2 Kokoh
Semua orang pasti mengamini jika ponsel nokia itu selalu bandel dan kokoh. Ketahanan ponsel jadul mereka benar-benar tidak ada lawan, Saya ingat betul ketika memiliki Nokia 2100 pernah jatuh dan tercerai berai, namun apa yang terjadi kemudian membuat saya takjub. Saat disatukan kembali ponsel itu masih tetap normal dan berjalan dengan baik seperti tak pernah terjadi apa-apa. Dan kini saat mereka kembali dengan Nokia 2 mereka tetap mengusung body yang solid dan memberikan rasa aman ke pemakainya.

Walaupun diposisikan sebagai ponsel low-end, nyatanya Nokia 2 dibekali dengan material yang berkualitas tinggi. Frame terbuat dari solid block aluminium yang sangat presisi sehingga lebih tahan terhadap benturan dan guncangan. Sementara cover belakang memakai bahan polikarbonat yang membuatnya tak hanya tampak elegan tetapi juga kokoh. Layarnya sendiri memiliki bentang seluas 5 inci dengan resolusi HD 1280×720. Untuk perlindungan layar, Nokia 2 memakai Corning Gorilla Glass 3 yang sudah terbukti tahan goresan. Selain itu ponsel ini juga mengantongi sertifikat IP52 yang artinya tahan terhadap percikan air atau splash proof.

Ketahanan Nokia 2 bukanlah isapan jempol semata, channel YouTube Jerry RigEverything menyiksa ponsel ini dengan brutal. Mulai dari di gores dengan berbagai skala Mohs, dibakar, di cutter hingga bend test ekstrim, Smartphone ini menolak hancur apalagi patah. Setelah siksaan berakhir, semua fungsi-fungsinya masih bisa berjalan dengan normal. Benar-benar luar biasa!.

Lakukan lebih banyak hal dengan Nokia 2
Diawal posting saya merindukan ketahanan baterai dari sebuah featurephone, tidak bisa dipungkiri seiring dengan peningkatan fitur dan performa pada akhirnya sering membuat smartphone lebih cepat kehilangan daya walaupun sudah memiliki kapasitas baterai yang mumpuni. Jika ponsel jadul semacam nokia 2100 malah terjadi kebalikannya, yakni lupa kapan terakhir kali charger saking lamanya tidak habis-habis. Beruntung kini telah ada Nokia 2, kita tidak perlu berandai-andai kembali ke masa featurephone namun kemudian tetap merasakan ketahanan baterainya.

Dengan daya tahan baterai lebih lama membuat kita semakin leluasa melakukan banyak hal, tak perlu lagi was-was mencari colokan atau bahkan repot membawa powerbank. Bagi mereka yang sibuk sepanjang hari dengan aktifitas diluar seperti pekerja dan pelajar, Nokia 2 sangat cocok dengan gaya hidup mereka. Banyak hal bisa dilakukan, kegiatan tidak terganggu dengan baterai yang sering minta di charger, bercengkrama di social media atau browsing mencari referensi bisa dilakukan lebih banyak dengan baterai yang tidak habis-habis.

Nokia 2 Baterai Besar Tahan Dua Hari
Bicara hemat daya bukanlah sekedar kapasitas baterai saja, tetapi juga harus ditunjang dengan hardware dan software yang sesuai agar benar-benar efektif. Nokia 2 dalam sekali pengisian bisa bertahan selama 2 hari, hal ini terjadi berkat kolaborasi antara baterai 4100 mAh dengan dukungan OS Android Murni juga tekhnologi Layar hemat daya LTPS TFT.

Setiap komponen dari Nokia 2, dari layar hingga baterai, chipset hingga sistem desain, telah dirancang untuk sedikit mungkin mengkonsumsi daya dari baterainya yang besar. Ini memungkinkan pengguna mendapatkan ponsel tahan lama yang bisa diandalkan.

Kamera

Sebagai bagian dari smarphone masa kini, Nokia 2 tidak terlepas dari fitur kamera. Untuk mengabadikan momen, ponsel ini telah dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 8 MP yang menampilkan automatic scene detection dan auto focus, serta kamera depan 5MP. Untuk sebuah ponsel low-end, spesifikasi kamera yang diberikan cukup masuk akal. Hasil foto kemudian dapat disimpan di memori internal sebesar 8GB atau bisa menggunakan memori eksternal yang bisa ditambah hingga 128 GB. Bahkan tersedia space tak terbatas yang bisa kita gunakan untuk menyimpan foto dari Google Photos dengan cara mengunggahnya.

Performa Tetap Gegas
Beberapa orang mungkin akan skeptis ketika melihat spesifikasi Nokia 2, namun walaupun Nokia 2 hanya dibekali dengan prosesor Snapdragon 212 dan kapasitas RAM 1GB, performanya dijanjikan tetap gegas dan optimal. Hal ini terjadi karena ponsel ini menjalankan Android Murni dengan OS Nougat 7.11 yang lebih ringan karena tidak dipenuhi dengan bloatware dan juga dipastikan akan mendapat dukungan update OS ke Android 8.1 Oreo serta patch keamanan terbaru. Selain itu pemilihan Snapdragon 212 sendiri adalah karena prosesor ini memiliki integrasi terbaik serta konsumsi daya paling hemat yang sangat cocok bagi Nokia 2.

fitur kunci pada snapdragon 212

Prosesor Snapdragon 212 juga telah mendukung internet cepat 4G Kategori LTE 4, 150Mbps DL/50Mbps UL. Digunakan untuk browsing atau streaming pastinya akan sangat nyaman sekali, apalagi disandingkan dengan kemampuan baterainya yang tidak habis-habis itu.

Saat kita memilih smartphone, tidaklah melulu tentang spesifikasi semata tetapi juga tentang kebutuhan dan user experience yang diberikan. Terkadang ada smartphone yang spesifikasi diatas kertas sangat bagus namun kemudian user experiencenya sangat jelek, tentu saja sang pemakai kemudian tidak akan tahan untuk menggunakannya. Nokia 2 memberikan performa baterai diatas rata-rata dan tentunya itulah yang menjadi nilai plus bagi smartphone ini. Bagi yang aktif sepanjang hari namun dituntut untuk terus terhubung dengan smartphone tentunya sangat cocok menggunakan Nokia 2. Para pengguna smartphone yang tidak terlalu suka gaming tapi lebih suka browsing, chating atau streaming pasti akan menyukai Nokia 2.

Nokia 2 Smartphone Terbaik Di rentang 1 Jutaan.
Dibanderol dengan harga 1,4 jutaan Nokia 2 memberikan lebih dari yang kita bayangkan. Performa baterai yang awet dan jaminan produk terbaik dengan build material yang solid menjadi poin plus yang sayang untuk dilewatkan. Yang terpenting juga adalah betapa Nokia 2 ini memiliki daya tahan yang bisa diandalkan, fitur perlindungan seperti IP52 yang tersemat, nyatanya sering abai diberikan bahkan oleh smartphone kelas atas sekalipun. Tidaklah berlebihan jika kemudian menyebut Nokia 2 merupakan smartphone terbaik di rentang harta 1 jutaan.

Nokia 2 dapat dibeli di JD.id dan Erafone dan situs ecomerce lainnya secara Online


Spesifikasi Lengkap Nokia

  • Ukuran layar: 5 inci, 720 x 1280 pixels, LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Memori: RAM 1 GB, ROM 8 GB, MicroSD up to 128 GB
  • Sistem operasi: Android 7.1.1 (Nougat)
  • CPU: Qualcomm MSM8909v2 Snapdragon 212, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU: Adreno 304
  • Kamera: 8 MP, autofocus, LED flash, depan 5 MP
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM)
  • Kecepatan jaringan Kategori LTE 4, 150Mbps DL/50Mbps UL
  • Konektivitas 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS/AGPS/GLONASS/Beidou, FM/(RDS)
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4100 mAh
  • Berat: 161 gram
  • Garansi Resmi