jerawat

Seberapa pentingkah Anda menggunakan makeup dalam sehari- hari? Mungkin, sebagian besar wanita menganggap makeup adalah sebuah keharusan yang akan membuat dirinya tampil lebih percaya diri ketika di luar rumah ataupun di depan pasangannya. Namun, tahukah Anda? penggunaan alat makeup adalah salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan kulit khususnya wajah. Tak heran jika para dermatologis menyarankan bahwa kita harus membersihkan muka setidaknya pada malam hari atau saat selesai beraktivitas agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Apalagi bagi Anda yang yang tak bisa lepas dalam penggunaan makeup setiap harinya. Meski pada kenyataanya ada saja beragam alasan yang digunakan untuk menunda dalam membersihkan muka, mulai dari lupa, rasa malas, hingga lelah. Berikut Artikel Kesehatan tentang pentingnya membersihkan makeup.

Berikut 5 masalah kulit wajah jika Anda malas membersihkan makeup dan mencuci muka!

1. Pori-Pori Membesar

Dermatologis Dennis Gross mengatakan bahwa tidur dengan masih menggunakan makeup, dapat memperbesar pori-pori kulit pada wajah.

Lantas bagaiman jika produk yang digunakan adalah perawatan wajah sebelum tidur? Menurut Dr. David Weaver dosen nerobiologis dari University of Massachisetts Medical School mengungkapkan bahwa hal ini boleh-boleh saja, karena kandungan pada produk perawatan malam efektif memperbaiki DNA dan membantu proses detokfikasi pada kulit di saat tidur.

2. Penuaan Dini

Saat usia bertambah seseorang akan mengalami penuaan. Namun, tidak ada kata terlambat untuk merawat kulit. Karena saat muka Anda tidak dibersihkan akan menyebabkan tercampurnya makeup dengan kotoran pada wajah. Hal ini tentunya, akan menghalangi proses pembaruan yang dilakukan kulit pada malam hari dan menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

3. Kulit Kering

Tak hanya menghambat pasokan oksigen pada kulit, makeup yang tidak dibersihkan juga akan mempengaruhi proses regenerasi kulit. Hal ini tentu aja akan menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembapan alaminya.

4. Kulit Berkerut

Dr.Stefanie Williams seorang ahli dermatologis London Clinic, menyatakan bahwa masalah kulit wajah terburuk yang dapat terjadi  dari makeup yang tidak dibersihkan adalah rusaknya struktur sel pada kulit dan menyebabkan kulit akan kehilangan elastisitasnya karena menurunnya produksi kolagen, sehingga kulit muka mudah berkerut. Kalau udah kaya gini, kepercayaan diri akan pudar, bukan?

5. Jerawat

Beraktivitas di luar rumah menyebabkan wajah akan sering terkena kotoran seperti debu dan polusi yang mengandung bakteri. Maka, kebiasaan tidak mencuci muka sebelum tidur akan menyebabkan kotoran yang mengandung bakteri tersebut akan menempel pada muka dan berkembang biak menghasilkan jerawat. Selain itu, sisa makeup yang tidak dibersihkan akan mempercepat pertumbuhan jerawat. Bahkan menurut Dr. Gohara MD seorang pakar dermatologis,  kebiasaan tidak menghapus foundation atau alas bedak dengan benar akan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat yang diakibatkan terkumpulnya bahan dari makeup ini pada wajah. Akibat terburuknya lagi, keadaan ini dapat menyebabkan masalah kulit wajah Anda yaitu iritasi kulit seperti rosacea atau eczema.

Selain itu, menurut dermatologis Eric Schweiger bahwa, “Tidur dengan makeup mata seperti maskara atau eyeliner secara berkala dapat menyebabkan terkumpulnya bakteri melalui bulu-bulu kecil dan kelenjar minyak dari kelopak mata. Keadaan ini mengakibatkan inflamasi pada bagian dasar atau dalam mata dengan munculnya benjolan menyakitkan seperti hordeolum. Mengerikan bukan?.

Nah itu tadi, beberapa masalah kulit wajah jika Anda malas membersihkan makeup. Jadi, setelah mengetahui hal tersebut masih beranikah Anda mengabaikannya?