(Sumber gambar: www.cbfnews.com)

Hampir setiap bulan ada saja jenis smartphone baru yang dijual di pasaran. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat pengguna telepon pintar terus meningkat dari waktu ke waktu. Di zaman modern ini, smartphone seolah menjadi teman untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Apakah kamu berencana ingin membeli smartphone baru? Jika iya, pasti kamu sedang bingung memilih berbagai macam tipe, merek, dan spesifikasi yang ingin dibeli. Tidak perlu khawatir, berikut kami rangkum 5 hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli smartphone!

  1. Harga yang Sesuai
    Ini dia salah satu faktor yang sering kali menjadi pertimbangan paling penting dalam membeli smartphone. Sebelum memutuskan untuk membeli telepon pintar, akan lebih baik jika kamu telah memiliki anggaran. Setelah itu, kamu bisa mencari tahu jenis-jenis smartphone yang sesuai dengan kisaran anggaran tersebut.

Jangan lupa juga untuk memastikan harga dan kualitas brand handphone tersebut sesuai. Hal ini dikarenakan saat melihat puluhan jenis smartphone yang berbeda, sering kali anggaran tersebut terlupakan. Agar tidak menyesal di kemudian hari, pastikan kamu tetap berpegang pada anggaranmu, ya!

Sebagai referensi, HP Lenovo bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu. Selain menawarkan kualitas smartphone yang premium, harganya juga sangat murah, lho.

2. Spesifikasi
Selain harga, spesifikasi smartphone juga perlu menjadi pertimbanganmu. Berbagai brand handphone memamerkan kecanggihan produknya melalui iklan. Hal ini kerap kali berhasil membuat calon pembeli semakin ingin memilikinya. Untuk itu, penting untuk kamu lebih teliti dan detail dalam memerhatikan spesifikasi yang ditawarkan smartphone pilihanmu.

Sebaiknya, pilihlah telepon pintar yang memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhanmu. Sebagai contoh, jika kamu seseorang yang aktif berkegiatan di luar rumah dan sulit untuk mengisi daya, spesifikasi smartphone yang unggul dalam fitur pengisian daya cepat dan tahan lama bisa jadi pilihan tepat. Di sisi lain, jika kamu seorang influencer yang membutuhkan kamera bagus, pilihlah fitur smartphone dengan kamera berkualitas jernih. Besar RAM pada telepon pintar juga perlu dijadikan pertimbangan sendiri.

Tentu saja kamu ingin smartphone barumu dapat bekerja dengan cepat atau tanpa error, bukan? Itu sebabnya, pilihlah kapasitas RAM minimal 1 GB, jenis RAM terbaru seperti LPDDR2, LPDDR3, LPDDR 4, dan RAM dengan frekuensi tinggi (MHz).

3. Garansi
Saat membeli smartphone, kamu perlu memastikan keberadaan garansi resminya. Dengan adanya garansi resmi, harga telepon pintar biasanya akan sedikit lebih mahal. Namun, dengan ada garansi resmi, kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada bagian hardware maupun software pada smartphone barumu. Kamu bisa dengan mudah klaim garansi yang diberikan jika terjadi kesalahan produksi ataupun defect pada telepon pintar yang kamu beli. Namun, pastikan ketika melakukan klaim, garansi tersebut masih aktif ya!

4. Aksesori yang Lengkap
Jika kamu berencana untuk membeli telepon pintar bekas, akan lebih baik jika barang tersebut memiliki aksesori yang lengkap seperti headset, screen guard, dan charger.

5. Desain
Last but not least adalah sisi desain dari telepon pintar. Ketika pertama kali melihat jenis smartphone, tentu saja kamu akan melihat desainnya, bukan? Perlu kamu ketahui, desain suatu smartphone merupakan jati diri dari suatu brand, misalnya desain dari hp Lenovo murah yang elegan.

Nah, umumnya desain HP berhubungan dengan sistem sensornya, seperti fingerprint. Oleh karena itu, pastikan juga sensor yang ada pada telepon genggam pilihanmu bekerja dengan baik.

Itu dia 5 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli smartphone. Semoga artikel ini dapat membantu menemukan jenis telepon pintar dambaanmu, ya!