BERBAGI

Menghemat konsumsi BBM saat sedang sewa genset besar dan kecil memang wajib hukumnya. Karena semakin banyak jumlah genset yang digunakan, maka semakin besar pula konsumsi BBMnya. Hal ini tentu akan membuat anggaran semakin membengkak.

Walaupun begitu, tetap ada trik yang dapat Anda tempuh untuk menghemat konsumsi BBM pada genset. Apa saja triknya?

Memilih kapasitas genset yang sesuai dengan kebutuhan
Hitung berapa banyak daya listrik yang kira-kira Anda butuhkan, baru pilih genset yang sesuai kapasitasnya. Karena jika genset yang disewa memiliki kapasitas yang terlalu besar, maka otomatis kebutuhan BBM pun menjadi lebih boros

Memilih genset dengan efisiensi bahan bakar tertinggi
Sebaiknya, pilihlah genset yang memiliki efisiensi tertinggi, walaupun harga sewanya agak lebih mahal. Mengapa? Hal ini dikarenakan porsi biaya pengisian BBM jauh lebih besar dibanding harga sewa genset.

Menempatkan genset dekat dengan beban
Jarak genset yang terlalu jauh dengan alat listrik akan menyebabkan rugi daya. Apalagi untuk alat listrik dengan daya yang besar. Jadi dekatkan genset dengan alat listrik atau tempatkan di tengah-tengan semua alat listrik agar tidak rugi daya.

Maintain genset dengan baik
Pastikan bahwa tempat penyewaan yang Anda pilih memiliki maintenance genset yang baik. Perawatan yang baik membuat kondisi genset tetap prima dan tidak akan boros BBM.

Antisipasi penipuan takaran bahan bakar
Sebaiknya, minta petugas Anda mengawasi dan melaporkan pemakaian BBM per harinya. Lakukan inspeksi mendadak untuk opname stok BBM. Jangan lupa di akhir periode sewa, mintalah tempat sewa genset Anda untuk mengembalikan kelebihan BBM yang sudah masuk ke daily tank genset.

Hindari operasional genset dengan tanpa beban yang terlalu lama
Jadi jika genset belum akan digunakan, matikanlah segera. Karena pada posisi idle atau beban yang rendah, genset akan tetap mengonsumsi BBM sebesar 10-15% dari kebutuhan BBM pada beban puncak.

Selalu cek kualitas BBM
Gunakan selalu solar murni agar mesin genset tetap gesit dan awet. Karena ada saja orang yang menjual oplosan solar dengan minyak tanah agar harganya murah. Padahal oplosan tersebut akan merusak kinerja mesin.

Apabila tidak ingin repot dengan segala maintenance, ada pilihan terbaik yang bisa dicoba yakni dengan menyewa genset kepada perusahaan profesional, Untuk sewa genset di Jakarta anda bisa kunjungi web Sewatama.

comments