BERBAGI

Semua orang tua di dunia ini menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik. Tetapi terkadang saking menyayangi anaknya, orang tua secara tidak sadar menjadi terlalu over protective terhadap anak yang justru akan merugikan perkembangan perilakunya di masa depan. Tidak jarang sifat penakut, pasif dan tidak bisa mandiri akan muncul dan kemudian mempengaruhinya dalam bersosial dengan orang lain.

Padahal seiring waktu anak harus dilatih untuk terbiasa mandiri agar tidak selalu tergantung pada orang tuanya setiap ada masalah. Bentuk kasih sayang tidak harus selalu memberikan apa yang dia inginkan, tetapi memberikan tantangan dan membuatnya mandiri akan membentuk pribadi yang baik.

Tips mendidik anak akan sangat membantu bagi para orang tua dalam menghadapi si kecil agar kemudian tidak menjadi anak yang manja.

Berilah Contoh yang Baik
Banyak Anak meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya, maka dari itu kita senantiasa menjaga perilaku dan konsisten dengan peraturan yang kita tetapkan. Jangan pernah berkata kasar di depan anak, karena dengan tanpa sadar mereka akan menyimpan di memori hingga mempengaruhi perkembangan mentalnya kelak.

Susun Do & Dont bagi anak.
Jangan terpengaruh dengan anak yang merengek karena meminta sesuatu. Jika ia marah, biarkan saja dan kemudian ketika sudah tenang bisa kita beri penjelasan dengan pelan-pelan. Bersikaplah lembut namun tegas, sehingga nantinya anak akan mengerti kenapa hal-hal tersebut dilarang.

Biarkan Anak Berkreasi
Sebagai orang tua kita berperan mengawasinya dengan baik, namun jangan segan untuk membiarkannya melakukan sendiri kegiatan yang dirasa mampu olehnya. Ketika ia kesulitan cobalah mengajarkannya dengan perlahan hingga ia mengerti. Biarkan ia bereksplorasi sendiri apa yang disenanginya jika itu tak berbahaya.

Ajarkan Kejujuran
Sifat jujur harus ditanamkan sejak dini, nilai-nilai kebaikan yang akan membuatnya menjadi orang yang terbuka dan dapat terpercaya di kemudian hari.

Berilah Reward
Ketika si anak berhasil melakukan sesuatu alangkah baiknya memberikan apresiasi, tidak harus berbentuk barang tetapi lebih sebagai sikap dan pujian agar ia merasa usahanya dihargai.

Anak yang mandiri dan cerdas akan membuat orang tua bahagia, berikan perhatian yang bijak agar mereka berkembang dengan baik.

comments