BERBAGI

Paspor merupakan salah satu dokumen penting yang wajib kita miliki bila ingin bepergian ke luar negeri. Karena paspor adalah tanda identitas resmi yang menggantikan KTP. Itulah sebabnya kita wajib mengurus dan menjaga paspor dengan benar. Agar perjalanan ke luar negeri senantiasa lancar.

Ternyata beberapa kesalahan sepele ini harus kita sadari dari sekarang. Supaya paspor kita berfungsi dengan valid ketika akan digunakan:

Ceroboh Saat Mengisi Formulir

Formulir pembuatan atau perpanjangan paspor harus diisi secara seksama. Tak boleh ada data yang keliru, terutama data-data penting seperti nama, jenis kelamin, dan tempat tanggal lahir. Jika data pada paspor tidak sesuai dengan data pada kelengkapan identitas lainnya, kemungkinan besar kita akan mengalami kendala imigrasi menjelang keberangkatan liburan. Kita wajib melakukan revisi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa semua data-data pada paspor sudah benar.

Masa Berlakunya Kurang dari 6 Bulan

Jika masa kedaluwarsa paspor kita tinggal 6 bulan lagi, maka kemungkinan besar kita tak bisa pergi ke negara yang ingin kita tuju. Bahkan ada beberapa negara yang menerapkan kebijakan masa kedaluwarsa paspor lebih dari 6 bulan. Alangkah lebih baik jika kita mengurus perpanjangan paspor terlebih dahulu. Agar rencana liburan tidak terhambat oleh kendala paspor.

Paspor Rusak atau Basah

Siapa sangka kalau paspor yang lembarannya rusak atau basah juga bisa mempengaruhi keberangkatan ke negara lain. Petugas imigrasi biasanya akan mempermasalahkan kondisi fisik paspor. Karena kini pemeriksaan imigrasi memang semakin ketat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Kita mesti menyimpan paspor dengan benar supaya kondisinya senantiasa baik hingga masa berlakunya habis.

Paspor Sudah Terlalu Penuh

Terlalu sering liburan sampai paspor penuh juga bisa mempengaruhi kelancaran perjalanan kita. Sebab nyatanya ada beberapa negara yang menginginkan minimal 2 hingga 4 lembar paspor yang kosong. Paspor yang terisi stempel sampai penuh bisa menyulitkan kita ketika berlibur di negara-negara tertentu.

Selain memperhatikan penggunaan paspor, kita juga wajib memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri yang berkualitas. Liburan ke berbagai negara-negara Eropa pun semakin menyenangkan dan terjamin bila kita sudah menyiapkan asuransi perjalanan. Proses pengurusan asuransi secara online pun kian mempermudah kita. Tak perlu buang waktu dan tenaga untuk mendapatkan asuransi sesuai kebutuhan.

Mari segera siapkan paspor yang masih aktif dan asuransi perjalanan sebelum pergi ke luar negeri!

comments