BERBAGI
Group of coupon

Belanja online seperti saat hari belanja online nasional atau harbolnas memiliki keunggulan dan kelemahan. Beberapa keunggulan dan kelemahan saat berbelanja online yaitu:

  • Kelemahan:
  • Tidak bisa melihat barang sendiri sehingga bisa mendapatkan barang yang kualitasnya kurang bagus.
  • Kasus penipuan lebih banyak.
  • Harus menunggu hingga beberapa hari sebelum barang diterima.
  • Keunggulan:
  • Hemat waktu dan hemat tenaga sehingga Anda tidak perlu bersusah payah ke toko untuk membeli barang.
  • Variasi barang lebih banyak apalagi membeli barang di marketplace.
  • Banyaknya promo seperti potongan harga, cashback, beli 2 gratis satu dan jenis promo lainnya.

Banyaknya promo seperti potongan harga, cashback yang ditawarkan oleh pihak online shop bertujuan untuk menarik perhatian konsumen sehingga konsumen datang dan membeli di online shop tersebut. Walaupun saat harbolnas banyak terdapat promo yang diberikan oleh toko online misalnya potongan harga dengan jumlah diskon yang bisa mencapai 70% dan bahkan ada yang menawarkan potongan harga hingga sebesar 80%, namun terdapat masalah yang kerap mewarnai harbolnas di setiap tahunnya seperti di tahun 2016 yaitu adanya fake discount atau diskon palsu.

Beberapa toko online terpercaya yang ternama di Indonesia yang memiliki jutaan penjual atau yang disebut dengan marketplace, merasa kecolongan dengan adanya diskon palsu tersebut. Banyak konsumen yang melakukan komplain tidak hanya ke online shop yang bersangkutan namun juga ke sosial media. Fake discount yang terjadi saat harbolnas beragam besaran potongan harga yang diberikan namun memiliki sistem yang sama.

Penjual pada hari belanja online nasional dalam memberikan diskon palsu tersebut menaikkan harga dari produk yang dijual terlebih dahulu kemudian memberikan potongan harga dengan jumlah yang besar misalnya sebesar 99%. Dari potongan harga yang ditetapkan tersebut harga produk menjadi senilai dengan harga barang yang seharusnya sesuai dengan harga pasaran. Dengan kata lain, walaupun memiliki diskon yang besar namun pembeli pada akhirnya membeli produk tersebut sesuai dengan harga asli pasar, tanpa adanya potongan harga sesuai dengan yang tertera.

Adanya fake discount yang mewarnai harbolnas yang diselenggarakan sejak tahun 2012 ini membuat konsumen khawatir akan adanya diskon palsu di harbolnas tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2017. Untuk menghindari adanya fake discount tersebut pihak panitia harbolnas 2017 menyediakan support center. Dengan menggunakan support center tersebut konsumen bisa melaporkan masalah terkait dengan pembelian yang dilakukan saat harbolnas berlangsung termasuk mengenai potongan harga palsu. Nantinya, Anda bisa menghubungi support center yang disediakan oleh panitia dan kemudian panitia akan langsung memberitahukan kepada pihak toko online terkait dengan komplain yang dilaporkan sebelumnya. Setelah itu menurut Achmad Alkatiri yang merupakan ketua panitia harbolnas 2017, nantinya akan ada email otomatis yang berasal dari pihak e-commerce ke konsumen.

Selain menggunakan support center, Anda bisa mengantisipasi adanya fake discount di hari belanja online nasional dengan cara berikut ini:

  • Cek harga pasar dari barang yang akan Anda beli tersebut. Cara tersebut bertujuan agar nanti saat Anda melihat barang dengan potongan harga yang besar dan harga barang yang sama dengan harga pasar, Anda bisa berhati-hati dan tidak membeli barang tersebut.
  • Cek harga barang sebelum di diskon dan setelah di diskon. Biasanya, diskon palsu memiliki harga asli barang yang jauh lebih mahal dibandingkan harga asli produknya dan harga yang sudah dipotong memiliki harga yang sama atau kurang lebih harga produk di pasar.

comments