BERBAGI

ciungtips.com – Saat ini kopi telah menjadi minuman yang banyak digandrungi, Sebagai negara tropis Indonesia memang menjadi produsen kopi yang terkemuka di dunia. Sebut saja Kopi Gayo, Kopi Luwak dan Kopi Toraja menjadi primadona di luar negeri dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tidak heran jika kemudian kopi menjadi bagian gaya hidup dan dikonsumsi rutin oleh masyarakat kita.

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari.
Dikutip dari vemale, Sebuah penelitian di Inggris mengatakan bahwa seseorang yang rutin menikmati secangkir kopi di pagi hari mampu mengurangi risiko diabetes 11% lebih rendah jika dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa konsumsi kopi murni di pagi hari selama 4 tahun berturut-turut mampu mengurangi risiko 11% lebih rendah risiko jantung. Kopi memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan teh serta anggur, selain khasiatnya kopi memiliki nutrisi lebih baik serta memiliki taste yang lebih elegan.

Cara Membuat kopi di Pagi Hari.
Mengawali hari dengan menyeruput kopi alangkah indahnya, tetapi untuk menikmati kopi enak maka apasih yang seharusnya dilakukan ?.

Memilih kopi Terbaik
Daripada memilih kopi sachet yang begitu-begitu saja, mungkin kamu lebih baik memilih kopi lokal dan bereksperimen menumbuk sendiri sampai halus. Karena ketika ditumbuk, aroma kopi masih tersimpan bagus di dalamnya.

Menyeduh Kopi
Aroma kopi yang menyeruak di pagi hari membangkitkan semangat untuk mengarungi hari yang berat. Menyeduh kopi bukan hanya sekedar mengucurkan air kedalam gelas, banyak tekhnik seperti French Press, Aeropress, Vietnam Drip atau menggunakan mesin espresso yang akan menghasilkan seduhan kopi yang beragam.

Dipadukan dengan SUSU
Kopi dipadukan dengan susu, mampu memberikan sensasi luar biasa pada tubuh. Gunakanlah susu yang masih segar serta memiliki kandungan lemak yang tinggi karena akan menambah citarasa kopi yang dihasilkan.

Cangkir Kopi
Percaya atau tidak penggunaan cangkir yang tepat akan menambah experince dalam menikmati kopi. Pilihlah cangkir yang bersih dan tidak meninggalkan bau sabun saat setelah dicuci. Karena aroma sabun yang tertinggal akan sangat mengganggu kenikmatan menyeruput kopi.

Jangan Berlebihan.
Walaupun kopi memiliki manfaat yang sangat baik, tetapi jangan dikonsumi secara berlebihan karena pada akhirnya bisa mengganggu kesehatan. Kandungan Kafein jika melewati kadar tertentu akan menimbulkan kecemasan, asam lambung naik serta vertigo.

Kopi yang menyehatkan tubuh dan menurunkan berbagai risiko penyakit adalah kopi yang diseduh tanpa campuran pemanis buatan atau sejenisnya. Kopi murni atau menggunakan pemanis alami seperti gula jawa akan lebih baik bagi tubuh.

 

comments