BERBAGI

Telinga merupakan organ yang sangat penting bagi manusia untuk membantu dalam mendengar berbagai jenis suara. Hanya saja tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang lahir dengan pendengaran yang cacat, sebagian diantaranya bisa diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar, namun juga ada beberapa diantaranya yang memang tidak bisa diatasi hanya dengan menggunakan alat tersebut, melainkan membutuhkan tindakan operasi. Sebenarnya pendengaran manusia sendiri memang memiliki keterbatasan. Faktanya adalah setiap peningkatan usia maka kemampuan dalam mendengarkan akan turun 1%.

Jadi tak heran jika seandainya semakin tua usia, maka kemampuan dalam mendengar juga akan turun bahkan benar-benar menghilang. Itulah mengapa untuk bisa berkomunikasi dengan baik, maka sebagian orang mengandalkan alat bantu pendengaran yang banyak dijual. Alat tersebut memberikan mereka kemampuan untuk mendengarkan secara lebih jelas, khususnya pada beberapa orang yang memiliki penurunan fungsi pendengaran karena masalah usia.

Alat tersebut bisa dengan mudah dijumpai di toko-toko kesehatan, untuk harga alat bantu dengar di bukalapak dan juga merk bervariasi, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui kualitas yang ditawarkan oleh alat tersebut. Karena kenyataannya tak semua akan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Beli lewat toko online sekarang ini juga ada dan mudah untuk didapatkan.

Sebelum membelinya, maka berikut ini setidaknya jenis-jenis alat bantu dengar yang wajib Anda ketahui:

Metode BTE
lat yang satu ini menggunakan metode BTE atau yang dikenal dengan behind the ear, artinya penempatannya adalah di bagian belakang telinga. Model ini adalah yang paling umum dan banyak dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat, karena memang sangat mudah dalam penggunaannya dan juga terasa lebih nyaman untuk telinga. Bagian penampangnya masuk kedalam telinga sedangkan untuk bagian selang akan ditempatkan di belakang telinga yang nantinya menyalurkan udara dan suara yang masuk.

Model mini BTE
Tak jauh berbeda dengan model yang sebelumnya, hanya saja jenis yang satu ini memiliki ukuran lebih kecil. Kebanyakan masyarakat lebih senang menggunakan seri mini ini karena terasa lebih nyaman ketika ditempatkan, juga tidak terlalu berat. Namun karena ukurannya yang kecil maka pemakaiannya sendiri juga harus hati-hati agar tak masuk hingga ke bagian telinga dalam.

Model ITE
Penempatan untuk jenis yang satu ini adalah di dalam telinga, sehingga tak memerlukan selang atau pengait khusus, cukup langsung dimasukkan ke lubang telinga saja, lebih praktis, namun kelemahannya sendiri adalah sangat mudah jatuh. Apalagi digunakan untuk aktivitas fisik yang tinggi, seperti halnya olahraga.

Model ITC
Hampir sama dengan model ITE, hanya saja model ITC ini ukurannya lebih kecil, karena hanya ditempatkan pada bagian liang telinga saja. Ia dilengkapi dengan sebuah fitur khusus yaitu telecoil yang memungkinkan suara bisa lebih keras ketika menerima sebuah telepon, bahkan ketika mereka berada di dalam ruangan yang sangat ramai sekalipun.

Model CIC
Dibandingkan dengan model yang lainnya, maka bisa dikatakan bahwa model yang satu ini memiliki ukuran terkecil, penempatannya bahkan di dalam saluran telinga, sehingga tidak bisa terlihat dari luar. Sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil lebih percaya diri, tanpa terlihat memakai alat bantu pendengaran.

Pilah-pilih model alat bantu dengar tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Lihat tawaran harganya juga sangat mudah lewat beberapa situs jual beli online, cari yang tepat untuk menunjang kemampuan mendengar seperti saat masih muda.

comments