BERBAGI
Jpeg

ciungtips.com – Melanjutkan posting sebelumnya tentang servis laptop, nah ini adalah kelanjutan nya nasib si hardisk yang sudah divonis mati sama si tekhnisi itu. Karena banyak file penting di hardisk tersebut saya penasaran untuk bisa ambil dulu file-file tersebut. Hingga saya putuskan beli “casing hardisk” untuk mengubah si hardisk internal laptop jadi hardisk eksternal. bisa saja sih pakai kabel buat menghubungkan ke laptop tapi pertimbangan nya supaya bisa dipake/dibawa kemana-mana nanti nya, saya beli casing hardisk saja.

Saya beli casing “Cliptek RZE 270” harga nya 100ribu, kenapa pilih cliptek ?? soalnya pas beli ditawain nya yang ini aja, ya sudah dibungkuslah ini cliptek.

Warna nya biru muda, casing nya dari metal isi dus ada kabel usb, casing hardisk sama wadah buat naruh casinng. Untuk memasang hardisk internal ke casing cliptek mudah banget, tidak usah buka-buka baut tinggal buka lalu pasang, trus tutup lagi sudah deh selesai.

Setelah terpasang dengan baik hubungkan hardisk dengan laptop memakai kabel usb yang ada di box. otomatis tuh instal-instal driver, biarkan hingga selesai, dan sukses deh hardisk internal bisa terbaca.

Untungnya hardisk masih bisa dibaca dengan baik, hingga file-file yang penting bisa dibackup dan dipindahkan. Lumayan deh, hardisk internalnya bisa terpakai sebagai hardisk eksternal sebagai penyimpanan tambahan. Nah begitu deh sob, jika ada hardisk internal yang tidak terpakai kasih casing aja biar dipake untuk hardisk eksternal. Lain ceritanya sih kalau hardisk nya sudah rusak berat atau bad sector parah ya tetep saja tidak bisa terpakai.

comments