BERBAGI
training karyawan

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, pertumbuhan ekonomi dan dunia bisnis berjalan dengan sangat cepat. Seiring dengan bertumbuhnya ekonomi, bertumbuh pula persaingan dalam dunia usaha itu sendiri. Perusahaan-perusahaan dituntut untuk terus mengembangkan diri agar dapat bertahan dalam persaingan ini. Untuk dapat berjalan dengan lancar, sebuah perusahaan harus didukung oleh SDM yang berkualitas. Kemampuan manajemen yang baik akan membuat sebuah perusahaan mampu bergerak secara dinamis dan fleksibel terhadap segala perubahan, sebaliknya apabila kemampuan manajemen nya kacau maka akan kacau pula gerak bisnis dari perusahaan tersebut.

Karyawan dengan SDM yang kompeten dan memiliki budaya kerja yang produktif, kreatif, serta dapat bergerak cepat dan tepat merupakan asset penting demi kesuksesan bisnis perusahaan. Karyawan dengan karakter seperti demikian dapat dibentuk dengan adanya pelatihan dan training. Dengan adanya pelatihan akan meningkatkan kemampuan karyawan di bidang kerjanya sehingga dapat mengurangi stres dan menambah rasa percaya diri. Manfaat lain yang akan dirasakan oleh para karyawan adalah karyawan akan lebih siap apabila ada promosi pada jabatan yang lebih rumit dan sulit.pelatihan manajemen

Sebaiknya setelah merekrut karyawan, Perusahaan melakukan pembekalan kepada karyawan tersebut berupa pelatihan manajemen serta training. Dimaksudkan agar terbentuk sebuah profesionalisme dan menambah keterampilan dari karyawan. Keterampilan kerja SDM dilatih agar bisa lebih efisien dalam melaksanakan pekerjaan yang diberikan. Selain itu, pembekalan serta training yang dilakukan akan menambah pengetahuan tentang pekerjaan dan membuat SDM semakin kompeten dalam pekerjaannya.Tentu saja tak hanya karyawan yang baru masuk saja yang bisa diberikan training atau pelatihan manajement. Di setiap kesempatan, para manager atau atasan juga bisa diberikan pelatihan dan training.

Pelatihan manajemen untuk seorang pimpinan dimaksudkan agar seorang pemimpin mampu melakukan pengelolaan yang baik terhadap berbagai kebijakan perusahaan. Sedangkan pelatihan management bagi karyawan dimaksudkan agar setiap SDM yang ada di perusahaan tsb memiliki kemampuan untuk mengatur segala hal yang terkait dengan pekerjaannya agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap perusahaan.

Training kepada karyawan biasanya dilakukan pada saat perekrutan masuk karyawan baru atau bisa juga di saat perusahaan “memulai sistem” atau mulai menerapkan “kebijakan baru“. Dimana semua karyawan dituntut untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan sistem dan kebijakan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.

pelatihan manajemen2

Ada 5 Tujuan dalam pelatihan yang diadakan perusahaan untuk karyawannya yaitu

1. Meningkatkan ketrampilan karyawan sejalan dengan perubahan teknologi yang terjadi.
2. Menjadikan karyawan baru lebih kompeten.
3. Membantu masalah operasional perusahaan.
4. Membantu karyawan menyesuaikan diri terhadap tuntutan bisnis dan operasional-operasional industri sejak hari pertama masuk kerja.
5. Memberi orientasi karyawan agar lebih memahami organisasinya.

Dalam perusahaan besar, dengan jumlah karyawan yang banyak, biasanya training karyawan dilakukan secara bertahap. Mungkin bisa memakan waktu antara 3 hari sampai dengan 1 minggu. Training SDM serta pelatihan manajemen ini penting dan harus dilakukan secara berkala. Karena seiring berjalannya waktu, proforma karyawan bisa saja menurun. Oleh karena itu, training ini ada baiknya tidak hanya dilakukan di awal perekrutan karyawan baru saja.

Bermacam – macam cara yang digunakan perusahaan untuk melakukan training dan pelatihan management. Ada perusahaan yang menggunakan jasa training SDM namun ada juga perusahaan yang menyiapkan training dan pelatihan ini sendiri. Jika perusahaan menggunakan jasa lembaga training SDM, maka perusahaan hanya mengirimkan personel yang akan dibimbing. Baik dari tempat, materi serta trainer biasanya sudah disiapkan oleh lembaga jasa. Namun jika perusahaan menyiapkan segala sesuatunya sendiri, maka mulai dari tempat, materi dan trainernya berasal dari perusahaan agak sedikit merepotkan memang karena semuanya harus mereka siapkan sendiri. Tentu saja akan memakan banyak waktu. Namun biasanya di beberapa perusahaan besar, mereka memiliki divisi sendiri untuk bagian training SDM dan pelatihan Manajemen.

Unsur penting yang harus disiapkan dalam pelaksanaan training dan pelatihan managemen adalah trainer, bahan materi pelatihan , metode yang akan digunakan dalam pelatihan, serta peserta pelatihan itu sendiri. Materi harus disusun secara matang agar semua kebutuhan perusahaan akan kinerja SDM sebagai hasil akhirnya bisa tercapai.

Pada akhirnya, dengan pelaksanaan pelatihan management yang tepat, maka diharapkan akan menghasilkan sumber daya yang berkualitas dan kompeten dalam pekerjannya. Pelatihan Management dan training karyawan diperlukan guna mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju dimana persaingan terjadi semakin ketat.

 

comments