penyebab penyakit

Musim kemarau panjang dapat mengakibatkan kekeringan yang parah. Selain menjadikan kekeringan yang parah, kemarau juga bisa menimbulkan berbagai masalah serius. Masalah kesehatan juga dapat timbul dari kemarau yang panjang ini. Penyebab penyakit dari kemarau ini adalah dari kurang tersedianya sumber air bersih. Sumber air bersih yang berkurang akan menyebabkan berbagai penyakit. Mengapa demikian?.

Dengan berkurangnya air bersih, masyarakat akan memakai air yang terdapat disekitar mereka untuk keperluan setiap hari. Dari mulai mandi, cuci baju, kakus, bahkan memasak dan minum menggunakan air yang ada di wilayah yang terdekat. Air yang ada disekitar pun tidak dijamin kebersihannya. Dengan kurangnya air bersih, masyarakat akan menggunakan air kotor yang menimbulkan berbagai penyakit. Diare adalah salah satu penyakit yang timbul akibat memakai air kotor. Bila air yang kotor di konsumsi, maka pasti penyakit seperti diare akan timbul dengan cepat.

Masalah lain juga bisa timbul dari kurangnya air bersih ini. Penyakit pada kulit yang biasanya timbul dari pemakaian air yang tidak bersih ini. Memakai air yang tidak bersih terpaksa masyarakat lalukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena sulitnya air bersih yang diakibatkan oleh kemarau yang panjang. Jika penyakit tersebut muncul di salah satu wilayah, maka penyebaran dari penyakit tersebut akan menyebar lebih cepat, Dan bisa menimbulkan masyarakat yang serius.

Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, maka tersedianya air bersih harus di perhitungkan jika musim kemarau dating, biasanya dengan menggali kembali sumur adalah salah satu cara yang bisa diterapkan di masyarakat agar tersedianya air bersih bisa mencukupi kebutuhan pada musim kemarau. Selain memnggali kembari sumur yang kering, membuat sumur bor juga bisa menjadi alternative mengatasi kurangnya air bersih di suatu wilayah. Dengan membuat sumur bor yang benar, biasanya meskipun musim kemarau airnya akan tetap ada dan tidak berkurang. Jika sumber air bersih bisa didapatkan dengan baik, maka kesehatan masyarakat pun akan terjaga dengan baik. Masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kemarau panjang pun akan teratasi. Penyebab penyakit seperti diare dan penyakit kulit pun akan terhindar dengan sendirinya. Maka dari sekarang pergunakanlah air bersih dengan bijak agar kelangsungan hidup tetap terjaga.

Facebook Comments