Cairan PemberSih buah

Cara membuat cairan pembersih buah rumahan praktis dan higienis – Buah dan sayuran yang Anda konsumsi haruslah dibersihkan terlebih dahulu, terutama jika Anda berencana untuk memakannya dalam kondisi mentah. Hal ini karena saat ditanam, buah-buahan dan sayuran diberi pestisida, yang berfungsi mengusir hama dan penyakit. Belum lagi dalam prosesnya, makanan ini di pak dan dikirim dalam kardus yang belum tentu bersih. Anda harus menggunakan cairan pembersih buah yang tepat.

Cairan pembersih untuk buah sendiri bisa Anda buat sendiri dari bahan yang alami. Ini terutama berguna bagi Anda yang tidak ingin membeli lagi sabun cair atau merasa kurang aman dalam menggunakannya untuk pembersih makanan Anda. Cairan yang alami ini berasal dari campuran antara cuka dan juga lemon, dengan takaran:

• Air, ¼ gelas
• Cuka, ¼ gelas
• Air jeruk lemon, ¼ gelas
• Gelas ukur
• Kain lap
• Air dingin
• Botol spray

Ini langkah-langkah cara membuat cairan pembersih ala rumah tangga:

1. Tuanglah air, jeruk lemon, dan cuka ke dalam gelas ukur, lalu aduk-aduk sampai rata.
2. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol spray, lalu kocok sampai semua komponen tersebut menyatu rata.
3. Ambil buah dan sayur yang akan Anda masak/makan, lalu semprotkan cairan ini dengan rata ke seluruh permukaan makanan tersebut.
4. Pakai lap bersih dan keringkan bahan-bahan tersebut, jangan gosok terlalu keras.
5. Bilas makanan dengan air dingin yang mengalir, baru gunakan untuk keperluan Anda memasak.
6. Jika masih ada sisa, simpan cairan pembersih buatan Anda sendiri tersebut di kulkas.

Jika Anda menyimpannya dengan baik, cairan pembersih buah buatan rumah ini bisa tahan sampai kurang lebih 1 bulan. Cukup mudah bukan? Tetapi kalau Anda tidak ingin repot membuat sendiri, Sunlight sudah menyediakan juga cairan untuk membersihkan makanan yang mengandung esensi lemon yang sangat berguna untuk membersihkan bakteri dan kuman membandel, yaitu Sunlight Plus Anti Bakteri. Tidak hanya efektif dalam membersihkan piring dan peralatan dapur, tetapi juga bisa aman dalam membuat sayur dan buah-buahan Anda higienis.

Facebook Comments