BERBAGI

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh mansia yang berperan sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Pola hidup yang tidak sehat sering membuat jantung menjadi tidak sehat bahkan menjadi rusak atau yang biasa dikenal dengan penyakit jantung. Merokok, kurang aktivitas fisik, dan asupan makanan yang kurang sehat menjadi pemicu utama penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung, ada beberapa makanan rendah kalori untuk jantung, diantaranta adalah:
1. Kacang almond
Kacang ini mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti baik untuk jantung.selain itu kacang almond juga mengandung vitamin E, magnesium, Folat, serta serat yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol dalam darah.
2. Alpukat
Kandungan Kalium dan Natrium dalam alpukat bisa membantu mengontrol ketegangan pembuluh arteri.
3. Anggur
Utamanya jenis anggur merah dan ungu, banyak mengandung flavonoid dan resvertrol yang berfungsi meningkatkan kesehatan sel pelapis pembuluh darah.
4. Putih telur
Kandungan protein yang tinggi pada putih telur merupakan makanan rendah kalori sehat untuk jantung.
5. Sayuran hijau
Sayuran seperti bayam dan kangkung mempunyai zat-zat yang bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang pistachio, mete, pecan, tanah dan kedelai mengandung asam lemak baik serta zat-zat lain yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Sederet makanan sehat diatas memang terbukti bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Makanan yang rendah gluten dan kalori seperti produk Tropicana juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

comments