Pernahkah Anda membayangkan betapa bahayanya peralatan makan yang terbuat dari plastik? Kalau belum, sebaiknya kita mulai menyadarkan diri tentang kesehatan peralatan dapur di rumah. Daripada terkena beragam penyakit di kemudian hari, lebih baik berhati-hati mulai sekarang.

Bahaya Plastik Ber-BPA
BPA adalah salah satu bahan kimia menyerupai hormon estrogen yang digunakan untuk membuat plastik menjadi bening. Kalau Anda suka membeli minuman kemasan atau gelas bening, tentu mengandung BPA. Lantas, apa bahayanya?

"Peralatan Makan"

BPA dalam peralatan makan ini ternyata bisa larut dalam makanan atau minuman panas. Karena bentuknya menyerupai hormon, maka ia tentu akan bereaksi saat masuk ke tubuh manusia. Hal itulah yang menyebabkan sejumlah penyakit seperti cacat janin dan kanker. Menakutkan, bukan?

Cara Aman Menggunakan Alat Plastik
Kalau Anda terpaksa harus menggunakan peralatan dari plastik, sebaiknya pilih yang BPA-free. Jangan pernah memakai botol air mineral untuk kopi, minyak panas, atau teh. Semua peralatan tersebut tidak boleh dipakai untuk barang yang panas atau hangat. Bisa melarutkan zat kimia di dalamnya.

Meskipun peralatan plastik di rumah Anda sudah BPA-free jangan sembarangan menggunakannya. Mengapa? Ternyata plastik tetap mengandung zat kimia yang mudah terurai sehingga kurang baik untuk kesehatan jangka panjang. Ganti saja peralatan makan di rumah dengan porselen atau keramin yang lebih terjamin kesehatannya.

Gunakan wadah plastik hanya untuk makanan dan minuman dingin saja agar tidak bereaksi. Plastik cenderung aman untuk beragam makanan yang dingin. Jadi, Anda tidak perlu membuang semua peralatan plastik yang ada di rumah.

Bagaimana dengan Alat Makan Anak?
Anak-anak memang suka memecahkan piring sehingga membahayakannya. Kalau memang terpaksa harus menggunakan tempat makan dari plastik, pilihlah yang berkualitas tinggi dan tidak mudah terurai. Meski harganya sedikit mahal, tidak masalah demi kesehatan. Satu hal lagi yang penting selain memilih bahan tempat makanan, yaitu membersihkannya. Cuci alat dengan sabun sunlight yang aman digunakan dan segera menghilang setelah diguyur dengan air. Lagipula, aroma sabun sunlight juga membuat bau amisnya hilang.