Nokia memiliki sejarah yang panjang sebagai perusahaan tersukses di bidang tekhnologi,pernah merajai pasar ponsel di kurun waktu tahun 2000 hingga sekitar awal 2009 Nokia berujung pahit dengan digeser oleh Samsung dan Apple di tahun tahun berikut nya. Rasanya hampir semua orang di Indonesia sangat familiar dengan ponsel Nokia, bagaimana Nokia 3315,2100, dan 1120 layar monokrom, polyphonic dan permainan snake yang begitu ngetrend di masa nya.

Nah dengan kehadiran OS android beberapa tahun belakangan ini yang begitu booming membawa dampak buruk bagi Nokia yang enggan bergabung memproduksi Ponsel Android. OS symbian nya tak mampu melawan keperkasaan android ,meski beralih ke windows phone dengan meluncurkan seri Lumia toh Nokia tak kunjung bisa kembali menjadi pemimpin pasar ponsel.

Nasib Nokia memasuki babak akhir, setelah pada tangga 3 September 2013 kemarin , muncul kabar mengejutkan bahwa unit bisnis perangkat dan layanan Nokia akan dibeli Microsoft. Total dana yang dikeluarkan bisa mencapai 7,2 miliar dollar AS. Transaksi pembelian ini sendiri diperkirakan baru akan selesai pada kuartal pertama 2014. Tentu saja hal ini akan membawa dampak besar bagi bisnis ponsel Nokia, termasuk dalam kepemilikan brand “Lumia” dan “Asha, dua merek dagang tersebut turut diikutkan dalam akuisisi oleh Microsoft. Artinya, tak akan ada lagi ponsel Lumia dan Asha dari Nokia karena kedua nama yang identik dengan produk-produk Nokia tersebut kini telah beralih pemilik.

Nantinya, ponsel Lumia dan Asha akan mengusung brand Microsoft. Ponsel-ponsel Lumia dan Asha yang beredar saat ini bakal jadi produk terakhir yang mengusung nama “Nokia”. Menariknya, nama Nokia sendiri tetap menjadi hak milik produsen asal Finlandia itu, alias tak ikut dibeli oleh Microsoft. Nokia hanya boleh dipakai sebagai merek feature phone selama 10 tahun ke depan, sesuai dengan perjanjian antarkedua perusahaan.

Hal itu berarti, Nokia sebagai merek smartphone tak akan ada lagi. Kemungkinan semua smartphone Microsoft akan mengusung nama Lumia atau Asha atau nama baru.   Begitu pembelian rampung pada tahun depan, Nokia pun akan resmi undur diri dari dunia ponsel, menandai akhir dari kiprah perusahaan tersebut selama 16 tahun di industri ini. Nokia pernah menjadi produsen ponsel terbesar selama 14 tahun sebelum kalah bersaing melawan kubu Android dan Apple yang dengan cepat menggerus pangsa pasarnya.

Selamat tinggal Nokia dengan beragam kenangan tentang mu yang begitu manis, bagaimana asyik nya kala itu menggenggam my firts phone Nokia 2100, berasa canggih dengan layar kecil nya main game snake. Semoga dengan pemilik baru nya microsoft bisa memberi warna pada pasar ponsel selanjutnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHarga Nokia Asha Series Terbaru
Artikel berikutnyaTips Mengatasi Laptop yang Tidak Bersuara
Rian Ciung
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.