bayangin deh sobat saat kita memandang langit malam dan muncullah bintang jatuh atau meteor. Tentunya akan terasa Indah yah, dan tidak sedikit juga mitos yang mengatakan kalau ada bintang jatuh sambil mengucapkan permohonan maka akan terkabul. mungkin sebenarnya itu hanya sugesti positif saja ya ^__^ lalu apasih Hujan meteor itu?

Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya.


Apa sih Hujan Meteor itu??
nah namanya juga hujan yang pasti intesitas meteor yang nampak juga banyak, bahkan mungkin sampai pada interval puluhan meteor setiap jam nya. wah

nah ada beberapa Hujan Meteor yang menimpa Bumi setiap tahun nya ,..
diantaranya adalah :

1. Hujan Meteor Orionid
Hujan meteor orionid muncul tiap tahun, dan memuncak di sekitar tgl 21 okt. Hujan meteor ini sangat jelas terlihat dan tampak sampai 20 meteor hjau dan kuning tiap jamnya. Orionid adalah nama cahaya meteor yang berada dilangit ditempat titik mereka berasal. Komet meteor bias dilihat di penjuru seluruh langit tapi garis pergerakan mereka akan selalu menunjuk ke arah cahaya. Cahaya meteor orinoid terletak di dekat konstelasi Orion. Dan hujan meteornya disebabkan oleh Komet Halley yang terkenal dan terakhir terlihat pada tahun 1986 dengan orbitnya sekitar 75-76 tahunan

2. hujan meteor Perseid
Meteor Perseid adalah meteor anyg mungkin bisa kita lihat paling jelas dan biasanya terlihat di belahan bumi bagian utara pada saat malam di musim panas. Terang dan banyak, perseid dikaitkan dengan komet swift-tuttle yang menakjubkan. Meteor ini tampaknya berasal dari sebuah cahaya di rasi Perseus dan terjadi ketika bumi melewati aliran meteor yang dikenal dgn nama awan perseid yang sebenarnya adalah residu dari ekor komet swift-tuttle.

Sebagian besar debu dari awan Perseid berumur ribuan tahun, walaupun ada beberapa diantaranya adalah debu muda yang menguap dari komet pada tahun 1862. hujan meteor perseid telah diamati sekitar 200 tahun dan biasanya terlihat mulai pertengahan juli dan memuncak pada tgl 12 agustus tiap tahunnya

3. Geminid meteor shower
Gambar berikut merupakan hujan meteor Geminid. Meteor ini bukan seperti meteor lain yang lahir dari sebuah komet, melainkan mereka berasal dari sebudah asteroid, yaitu sebuah planetoin Berbatu di dekat bumi yang bernama Phaeton 3200. pada umumnya asteroid tidak menghasilkan debu ke angkasa dan bahkan diperkirakan asteroid ini sebelumnya adalah sebuah komet. Orbit Phaeton berbentuk elips seperti komet dan yang bahkan membawanya kedalam dekat matahari melebihi orbit merkurius.

Geminid pertama muncul 150 thn yg lalu, dan semenjak itu mereka menghujani bumi secara regular tiap tahun pada pertengahan desember. Mereka diperkirakan akan lebih banyak [ada tiap tahunnya dan hujan meteor baru-baru ini telah terlihat lebih dari ratusan meteor menghiasi langit.

4. Quadrantid meteor shower
Karena kuatnya penampakan meteor ini, pada januari awal hujan meteor ini secara tentative didentifikasikan sebagai planet kecil yang dinamakan planet 2003 EH1 kemungkinan juga diamati oleh astronom dari cina, jepang dan korea semenjak setengah milenuim lalu pada puncak penampakannya, hujan meteor ini akan bisa dilihat kurang dari 1 jam.

nah apakah sobat sudah pernah menikmati sensasi melihat Hujan meteor?? share dong pengalamanya ,.. tinggalin coment yah ^__*

Facebook Comments