Sobat pasti sering mendengarnya bukan?,apalagi saat dalam bulan Ramadhan seperti sekarang ini.
Kata ngabuburit sekarang dikenal luas di seluruh penjuru Indonesia tercinta ini.Namun pernahkah sobat berpikir ‘apa sih nabuburit itu? Berasal dari bahasa apa kah ngabuburit?.

Ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda, Dari kata dasarnya adalah ‘Burit’ berarti sore.Dengan imbuhan ‘nga’ menjadi Ngabuburit maka artinya adalah ‘menunggu sore’.
Oleh Karena buka puasa dilakukan di sore hari (maghrib) maka akhirnya ngabuburit pun dipersempit artinya menjadi: ‘menunggu saatnya buka puasa’.

Dan sekarang Ngabuburit bukan hanya milik orang sunda saja, hal ini terlihat dari banyak juga anak-anak muda daerah lain yang menggunakan istilah ini dalam kegiatan menunggu datangnya waktu berbuka puasa.

Saya jadi teringat kebiasaan saya saat masih usia smp-an,yang sangat menikmati saat-saat ngabuburit dengan banyak teman saya,.
Kami terbiasa melakukanya selepas Sholat Ashar.Kami berkumpul di surau kami dan berangkat bersama ngabuburit bareng,
Tempat tujuan kami adalah rel Kereta Api sebagai batas antara 2 desa, antara desa kami dan desa sebrang.
Disini Biasanya kami beradu bermain petasan antar anak-anak 2 kampung pada saat itu.
Tidak jarang saking asyiknya kami ngabuburit sampai-sampai datangnya bedug maghrib tidak kami sadari,.
Kalau sudah seperti ini kami saling berlomba untuk pulang ke rumah masing-masing.Aneh juga pada saat itu tidak terpikirkan adanya letih dan capek, karena kami masih sanggup berlari saat menuju rumah kami,.

Entah apakah sekarang kegiatan ini masih berjalan atau tidak, karena sudah hampir 4 Ramadhan ini saya selalu melewatkanya di perantauan.
Ah,,Mungkin untuk ‘ngabuburitnya’ masih jalan, namun sekarang sepertinya anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di warnet, chating, Fb-an sampei nge-twit, atau bermain game online.Mereka ngeksis nagabuburit di dunia maya.

Entah mana yang lebih positif ngabuburit versi jadul atau versi terbaru , tetapi semua kembali tergantung pada individunya masing-masing.Manakah yang berhasil memknai arti Ramadhan dengan sebenar-benarnya.

Facebook Comments