Mudik sendiri berasal dari bahasa Betawi yaitu “udik”, yang artinya adalah kampung atau desa. Penggunaan kata ini dimulai, dikarenakan pada saat itu begitu banyaknya orang-orang dari Jawa yang pergi mencari nafkah ke Jakarta. Mereka datang dari berbagai daerah di pulau Jawa dan akhirnya menetap di Ibukota.

Nah, Ketika memasuki hari lebaran, para pendatang itu akan kembali ke kampung halamannya untuk bertemu dengan keluarga. Memang sudah adat istiadat orang Jawa, untuk selalu menjalin tali kekerabatan dan mengunjungi sanak keluarga.

Nah, orang Betawi biasanya menyebut fenomena ini dengan mudik, menuju udik (pulang kampung). Namun, kata ini sekarang tidak ditujukan hanya untuk orang Jawa saja, tetapi semua yang terlibat langsung dengan fenomena mudik ini.

Secara filosofi, kata udik juga berarti hulu sungai, dimana semua aliran air (sumber kehidupan) berawal. Jadi, memang ada kalanya seseorang harus kembali ke daerah asal, sebagai tanda penghargaan dan rasa syukur atas tanah kelahirannya.

Nah apakah di tahun ini sobat akan melaksanakan Mudik juga?. Tetaplah berhati-hati di jalan sob, agar kita dapat sampai Tujuan dengan selamat.Amien.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Aman Mudik dengan Kendaraan Pribadi.
Artikel berikutnyaMSG – Never Ending Nightmare Lyric
Rian Ciung
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.