Sobat pengumuman kelulusan SMA Sudah di lakukan.
Sekarang sobat di sibukan dengan memilih jurusan saat Kuliah nanti.
Perlu di ingat oleh sobat, bahwa ini adalah salah satu episode kehidupan yang akan menentukan masa depan sobat.Sobat akan menghabiskan waktu 3 – 4 tahun jadi pastikan sobat menikmatinya dengan senang.

Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda.
Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.
Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak.
Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya.

Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar di masa depan.

Cara memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik:

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat.
Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan.
Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung- hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil.
Kemudian lihat bakat saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan sobat untuk memilih jurusan.
Cari dan gali informasi dari banyak sumber.
Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend .
Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui.
Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya
Bagi orang yang hidup dalam kelebihan, memilih jurusan tidak menjadi masalah.
Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya.
Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.
Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah.
Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana sobat.
Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit.
Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas.
Jangan membebani diri dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit.
Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit.
Persiapkan dan diperhitungkan matang- matang setiap seleksi ujian masuk.
Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan sobat dalam mengukur kemampuan yang di miliki. Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat.
Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan dan tempat yang di cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Lihatlah ke depan setelah lulus nanti. Apakah jurusan yang di ambil nanti dapat mengantarkan untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik?
Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja.
Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman.
Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan sobat jauh di atas orang-orang, maka jurusan apapun yang di ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain.
Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang di percayai.
Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan Sobat.
Semoga tipsnya membantu sobat…

Facebook Comments