Sistem Operasi ANDROID merupakan sistem operasi ponsel yang berbasis linux besutan dari GOOGLE.inc, dirilis pertama tanggal 5 november 2007.

Ada beberapa Keuntungan Dari OS Android diantaranya :

  1. Peluncuran Android menjelaskan dimasa mendatang ponsel akan mempunyai kemampuan layaknya PC, bahkan lebih.
  2. Merupakan sistem operasi open source (terbuka) sehingga tiap orang berhak mengembangkannya. (Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak aplikasi dan game yang gratis)
  3. Kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3 D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang.
  4. Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil.
  5. Browsing internet memakai Android sangat nyaman karena kompatible dengan lebih dari 90 % website di dunia
  6. Android juga dapat membawa pengguna telepon genggam menjelajahi kawasan yang diinginkan melalui teknologi Sistem Pemetaan Global (GPS) dengan terintegrasinya VoIP(Voice over Internet protocol) pada GPhone menelpon tidak perlu lagi menggunakan pulsa tapi cukup menggunakan Google Talk yang telah disediakan pada akun Gmail.
  7. Menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda.
  8. Kelebihan Android dari yang lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah.

Kekurangan Dari OS Android :

  1. Belum ada market yg bisa kita gunakan dari PC layaknya AppStore punya Apple
  2. Platform berbasis di Java, sehingga manfaat dan sistem operasi Linux di Android tidak digunakan sepenuhnya konsumen akan sulit membedakan produk dari berbagai vendor.
  3. Sejauh ini, perangkat Android yang telah diumumkan terlihat sangat mirip. Namun, karena baru rilis dan digemborkan baru- baru ini sehingga harga yang ditawarkan oleh para vendor hp pun terbilang masih agak mahal.

Sampai saat ini Android telah menciptakan berbagai versi :

  • Android versi 1.1
  • Android versi 1.5 (Cupcake)
  • Android versi 1.6 (Donut)
  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Untuk market Indonesia kini telah ada beberapa vendor yang memperkenalkan produknya, seperti Samsung Spica dan Galaxy, LG GW620, Motorola milestone, Imo s900 dan juga NEXUS ONE. 
Bagaimana sob tertarik mencoba ?

Facebook Comments