Karena dipakai setiap hari, tentu kulkas bisa menjadi kotor. Bahkan bisa juga menyebarkan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh aneka bahan mentah yang tersimpan di sana. Oleh karena itu, ada beberapa langkah / tips perawatan yang bisa dilakukan secara periodik pada kulkas . Hal ini perlu dilakukan agar kulkas awet dan bisa bekerja secara optimal. Langkah- langkah tersebut antara lain adalah:
1. Membersihkan dinding bagian dalam setidaknya satu bulan sekali agar kulkas tidak menimbulkan bau tidak sedap.
2. Membersihkan bagian belakang ( kompresor ) dari debu. Sebelum dibersihkan, sebaiknya cabut kabel dari stop kontak terlebih dulu.
3. Bersihkan bagian luar kulkas agar untuk menjaga penampilan luarnya.
4. Jangan mencungkil bunga es dengan benda yang tajam karena akan merusak evaporator. Untuk mencairkan bunga es, Anda cukup mematikan aliran listrik atau menekan tombol agar bunga es mencair.
5. Usai dibersihkan, atur suhu secara benar, yaitu medium untuk freezer dan minimum atau maksimum untuk refrigerator . Hal ini perlu karena kalau suhu pada freezer diatur maksimum, maka refrigerator akan berkurang dinginnya.
6. Setelah kulkas selesai dibersihkan, jangan langsung mengisinya dengan barang. Biarkan suhu dingin di dalamnya stabil terlebih dulu ( sekitar 20-30 menit) baru setelah itu mengisinya.
7. Jangan pernah menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas (contohnya agar-agar) karena akan membuat kompresor bekerja keras.
8. Agar kulkas tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna, jangan pernah menaruh kulkas dekat dengan sumber panas seperti halnya kompor.
9. Jika kulkas diletakkan di kitchen set , berikan ruang masing-masing 5 cm untuk kestabilan sirkulasi udara di kulkas agar dinginnya maksimal.

Facebook Comments